HEADLINEPASPENDIDIKAN

Ada Kesalahan, Pemkot Bandung Akui Dana Rawan Pendidikan Tak Cair 162M

*)Tahun Depan Dana RMP Pun Terancam Tak Kan Cair

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMSetelah sebelumnya tutup mulut prihal tidak cairnya dana anggaran rawan pendidikan (RMP) akhirnya Pemkot Bandung buka suara juga. Bahkan hal itu karena ada kesalahan di tingkat dinas.

Melalui Sekda Kota Bandung Ema Sumarna, Pemkot Bandung meminta maaf kepada seluruh warga Bandung, khususnya penerima RMP.

“Sebenarnya kita sedang mengusahakan, agar dana tersebut bisa dicairkan. Kami masih mengadakan rapat internal dan akan melakukan konsultasi ke pusat,” ujar Ema, kemarin (28/11/2019).

Namun, Ema mengakui, mencairkan dana rawan pendidikan ini bukan hal yang mudah, karena ada kendala peraturan yang tidak sesuai.

Menurut Ema, dana rawan pendidikan ini semestinya ada di pos belanja tidak langsung, namun sekarang ada di belanja langsung.

“Semestinya, anggaran ini ada di dana hibah yang dikelola BPKAD (Badan Pengelolaan Keungan dan Aset Daerah,red). Namun sekarang ada di rekening Dinas pendidikan, itu yang menyalahi aturan,” papar Ema.

Jika pada akhirnya tidak bisa cair, Ema menyatakan permohonan maafnya kepada siswa RMP, karena harus mengalami ketidaknyamanan ini.

“Namun, itu terjadi bukan karena kesengajaan kami. Melainkan karena ada miss communication, di antara dinas terkait,” tegas Ema.

Untuk tahun depan, Ema mengaku khawatir hal ini akan terulang. Karenanya, Ema akan semaksimal mungkin mencari cara agar hal ini tidak terulang.

“Setelah rapat internal, kami akan terus melakukan konsultasi dengan BPK dan Mendagri, apa yang bisa kami lakukan jika hal ini kembali terulang tahun depan,” paparnya.

Mengingat, RAPBD 2020 Kota Bandung sudah disahkan, dan sekarang tengah dievaluasi gubernur.

“Kita berharap saat finalisasi nanti, akan ada jalan keluar untuk tahun depan, agar tidak terjadi hal serupa tahun ini,” katanya.

Khusus untuk kendala di tahun ini, Ema memohon warga bersabar menunggu hasil konsultasi dan rapat yang intens dilakukan Pemkot Bandung. (Put)

Tags

Related Articles

Close
Close