PASOLAHRAGA

Artur Gevorkyan Selamatkan Persib di Kandang Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Persib Bandung terhindar dari kekalahan saat dijamu Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (10/7/2019). Sempat kalah 0-1 oleh gol Marko Simic, Persib mampu menyamakan kedudukan melalui Artur Gevorkyan.

Hasil itu membuat Persib belum mengakhiri rekor buruknya sejak pekan kedua Liga 1 2019. Tak sekalipun dilalui dengan kemenangan. Persib hanya sekali menang di laga perdana Liga 1 melawan Persipura.

Atas hasil imbang itu, Persib dan Persija sama-sama naik peringkat. Persib kini ada di peringkat 12 setelah sebelumnya di peringkat 13. Sedangkan Persija dari peringkat 14 kini ke peringkat 13.

Jalannya pertandingan

Permainan cepat dan keras langsung tersaji sejak awal laga. Benturan demi benturan terjadi antara pemain kedua tim di lapangan.

Tampil sebagai tim tamu, Persib justru menciptakan peluang lebih dulu melalui Febri Hariyadi pada menit kedua. Bola terlalu lemah dan dengan mudah ditangkap kiper Shahar Ginanjar.

Menit ketujuh, salah seorang pemain Persija sempat melepas tembakan. Tapi, kiper M Natshir dengan sigap menangkap bola.

Rene Mihelic memberi asa pada menit 11. Tapi, bola hasil tembakan bebasnya terlalu melengkung sehingga melenceng ke samping gawang.

Menit 21, umpan terobosan Yogi Rahadian meluncur deras ke mulut gawang Persib. Sial bagi Persija, bola yang ditendang Bruno Matos malah melambung jauh di atas gawang.

Bruno Matos mencoba peruntungan pada menit 25 dengan melepas sepakan voli. Kiper M Natshir masih tangguh. Bola mampu diblok dan menghindarkan ‘Maung Bandung’ dari kebobolan.

Lagi-lagi Bruno Matos memiliki peluang emas pada menit 28. Tapi, pergerakan M Natshir membuat konsentrasi Bruno buyar. Bola hasil sepakannya akhirnya gagal menembus sasaran.

Sialnya, Natshir yang bertabrakan dengan Bruno mengalami cedera dan harus dilarikan dengan mobil ambulans. Natshir pun ditarik ke luar lapangan dan digantikan I Made Wirawan. Ketangguhan Made langsung diuji pada menit 35 dengan memblok bola hasil sundulan Marko Simic.

Menit 36, ‘keunikan’ terjadi saat wasit memberikan kartu kuning untuk pemain Persib yang ada di bench, yaitu Indra Mustafa. Tidak diketahui dengan jelas alasan wasit mengganjar Indra dengan kartu kuning.

Riko Simanjuntak meliuk-liuk di area pertahanan Persib dan melepas sepakan jarak jauh pada menit 43. Gawang Persib masih selamat.

Saat injury time,Bruno Matos mendapat peluang emas di depan gawang. Tapi, bola hasil sepakannya kembali melambung. Itu jadi peluang terakhir di babak pertama. Skor 0-0 pun bertahan hingga babak pertama usai.

Tekanan hebat diberikan Persija di awal babak kedua melalui Ismed Sofyan. Marko Simic juga memberi ancaman lewat tendangan bebas pada menit 50. Gawang Persib aman usai Made meninju bola.

Menit 54, ketangguhan Made kembali teruji. Ia mampu mengamankan gawang dari bola sepakan Yogi Rahadian. Menit 65, giliran Riko Simanjuntak yang memberi ancaman lewat tendangan melengkung di kotak penalti. Bola kembali mampu diamankan Made.

GOL! Menit 74 Persija unggul 1-0 melalui gol Marko Simic. Umpan sepak pojok disundul Simic dengan tajam. Bola sempat membentur bagian atas gawang kemudian meluncur ke bawah melewati garis gawang.

Para pemain Persib sempat melancarkan protes karena menilai bola belum melewati gawang. Tapi wasit mengesahkan gol tersebut. Tayangan televisi pun memperlihatkan bola sudah melewati garis gawang.

Belum reda euforia keunggulan, Persija harus kehilangan Novri Setiawan yang diganjar kartu merah pada menit 77. Kartu diberikan usai Novri dengan sengaja menendang bola ke arah Ezechiel Ndouassel. ‘Macan Kemayoran’ pun harus bermain dengan 10 pemain.

GOL! Persib akhirnya menyamakan skor menjadi 1-1 pada menit 90. Kemelut di kotak penalti Persija mampu dimanfaatkan Artur Gevorkyan. Ia dengan cerdik menendang bola yang berhasil bersarang di gawang Persija. Skor 1-1 pun bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain

Persija: Shahar Ginanjar, Ismed Sofyan, Maman Abdurahman, Ryuji Utomo, Tony Sucipto, Rohit Chand, Novri Setiawan, Riko Simanjuntak (88′ Yan Nasadit), Yogi Rahadian (6/’ Feby Eka Putra), Bruno Matos (63′ Bambang Pamungkas), Marko Simic

Persib: M Natshir (GK) (28′ I Made Wirawan), Bojan Malisic, Achmad Jufriyanto, Supardi Nasir, Ardi Idrus, Hariono, Gian Zola (65′ Kim Kurniawan), Febri Hariyadi (54′ Artur Gevorkyan), Esteban Vizcarra, Rene Mihelic, Ezechiel Ndouassel. (ors)

Tags

Related Articles

Close