PASJABAR

Bawaslu Jabar Minta KPU Segera Antisipasi Surat Suara Kurang

BANDUNG, PASJABAR.COM – Masih adanya kab/kota yang belum terpenuhi surat suara Pemilu 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) meminta KPU Provinsi Jawa Barat agar dapat segera melakukan langkah-langkah antisipatif.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Bawaslu Jabar, Abdullah dalam siaran persnya kepada Pasjabar, Selasa (19/3/2019).

“KPU harus segera melakukan langkah antisipatif untuk pemenuhan surat suara PPWP, DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota diseluruh KPU Kabupaten/Kota dengan mengajukan kekurangan surat suara akibat proses pengadaan surat suara oleh percetakan,” jelasnya.

Dikatakan Abdullah KPU juga harus memastikan ketersediaan surat suara Pemilu 2019 sesuai dengan undang-undang 7 tahun 2017 pasal 350 ayat 3 dan pasal 21 Peraturan KPU nomor 3 tahun 2019 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Umum yakni “Jumlah Surat Suara di setiap TPS sama dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTB) ditambah dengan 2% (dua persen) dari Daftar Pemilih Tetap sebagai Cadangan”

Selain itu, KPU Provinsi Jawa Barat harus memastikan penggantian surat suara yang rusak sesegara mungkin dengan memperhatikan jadwal pendistribusian sesuai dengan PKPU 32 tahun 2018

“Memastikan tidak terjadi keterlambatan Penerimaan Surat Suara dari Percetakan, Tepat waktu dalam proses sortir dan lipat serta tepat waktu Pendistribusian ke PPS dan TPS paling lambat diterima 1 hari sebelum pemungutan suara di TPS dilaksanakan,” paparnya.

Bawaslu juga meminta KPU memastikan keamanan penyimpanan di Gudang Logistik dan terhindar dari musibah yang dapat mengkibatkan hilang dan akibat banjir, kebakaran, hewan pengengat, tidak rusak dalam proses pendistribusian ke PPK, PPS dan KPPS.

“Surat suara juga harus dipastikan proses sortir dan lipat surat suara oleh KPU Kabupaten/Kota se- Jawa Barat sesuai dengan dengan SOP KPU RI,” terangnya. (tie)

Tags

Related Articles

Close