PASPENDIDIKAN

Career Development Center Asah Softskill Mahasiwa Miliki Daya Saing Global

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bandung, melalui Lembaga Pengembangan Profesi (LPP) melaksanakan training atau pelatihan Career Development Center (CDC) yang dilaksanakan selama 5 hari, pada Sabtu dan Minggu, 24, 25, 31 Agustus dan 1, 7 September 2019 di Sans Co.Cafe & Coworking Space.

Acara ini digelar, sebab Indonesia merupakan salah satu negara yang akan menghadapi bonus demografi di mana generasi milenial merupakan penduduk usia produktif terbesar. Namun daya saing Indonesia masih rendah berdasarkan World Competitiveness Index. Dan fakta lainnya kualitas sumber daya manusia atau SDM masyarakat Indonesia masih sangat rendah.

Ketua bidang LPP sekaligus ketua pelaksana Training CDC, Mukhlis Silmi Kaffah mengungkapkan bahwa kegiatan ini upaya untuk mengatasi problem tersebut, dengan mengadakan untuk meningkatkan dan mengasah soft skill mahasiswa untuk mampu bersaing.

“Kegiatan ini sebagai wadah untuk pengembangan kualitas SDM (kader) untuk menjadi tenaga kerja profesional yang mempunyai kualitas, kapasitas, dan kompetensi serta berdaya saing tinggi,” terangnya pada Minggu (8/9/2019)

Pihaknya juga melihat masih kurangnya pengetahuan kader-kader HMI, khususnya HMI Cabang Bandung, perihal profesi dan karir di dunia kerja dan profesional. Olehnya, untuk meningkatkan kualitas dan daya saing SDM Indonesia adalah dengan meningkatkan pendidikan dan keterampilan.

CDC ini merupakan inovasi pertama dan terbaru pada lingkung HMI. Pelaksanaan training CDC dengan 10 materi khusus untuk pengembangan skill yang dibutuhkan di masa mendatang yang diikuti oleh 10 peserta terpilih.

“Untuk memperkaya pengetahuan profesi dan karir sehingga memiliki kesiapan dalam menghadapi dunia kerja dan profesional dengan karakter yang berorientasi pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat. Juga, untuk memperkuat kader dalam menekuni dan mengembangkan profesi dan karir dengan memiliki kualitas, kapasitas, dan kompetensi yang mapan dan kompetitif di dalam dunia kerja dan profesional.” terangnya

Silmi melanjutkan, bahwa CDC HMI Cabang Bandung diperlukan untuk mendorong profesionalisme kader HMI dalam bidang profesi dan karirnya masing-masing.

Selain itu, hal ini mampu mendorong kader HMI untuk melakukan ekspansi ke berbagai bidang agar memiliki kekuatan yang merata di seluruh bidang.

“Kami berharap para peserta yang telah mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh CDC HMI Cabang Bandung dapat menjadi pribadi muslim-intelektual-profesional yang memiliki kemampuan akademik dan keterampilan dalam bidangnya masing-masing. Sehingga pada akhirnya mampu memberikan sumbangsih untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia,” pungkasnya sore itu. (Tan)

Tags

Related Articles

Close