HEADLINEPASPENDIDIKAN

Disdik Jabar Usut Pungutan Edubox di SMAN 19 Bandung

BANDUNG, PASJABAR.COM — Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat (Kadisdik), Dewi Sartika menyebutkan pihaknya akan melakukan pemeriksaan adanya pungutan Edubox di SMAN 19 Bandung. Hal tersebut diungkapkan dalam siaran persnya, Kamis (28/2/2019) malam tadi.

hadir dalam acara unjuk rasa siswa SMAN 19 Bandung mengenai pungutan biaya edubox pada Kamis (28/02/2019) siang.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Dewi Sartika mengatakan jika kasus ini harus segera ditangani dan diselesaikan.

“Kami akan melihat dan mendalami terlebih dahulu permasalahan yang ada. Edubox sebenarnya adalah salah satu upaya untuk melakukan smart school, namun jika ada masalah kami proses terlebih dahulu bersama tim. Dan apabila terbukti bersalah akan ada teguran baik secara tertulis maupun secara lisan. Dengan kewenangan dari Dinas Pendidikan dan juga  kepolisian,” terangnya.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum dan Kadisdik Jabar bahkan langsung mendatangi SMAN 19 Bandung, ketiak ada aksi di seolah tersebut.

“Ini adalah sebagai bentuk perhatian untuk melindungi anak-anak yang berunjuk rasa agar tidak terbawa emosi,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum yang turut hadir ke SMAN 19 Bandung mengatakan menganai tuntutan dari siswa akan segera ditindaklanjuti, namun semuanya membutuhkan proses tidak dapat disimpulkan dengan gegabah.

“Kami akan mengkaji dulu sebaik mungkin masalah ini atau diistilahkan dengan ‘tabayyun’.  Kami akan merespon dan juga menghargai,” tambahnya.

Meski begitu, Uu sempat  menyesalkan dengan unjuk rasa siswa dan berharap bahwa kejadian ini tidak akan terulang lagi.

“Semoga nanti jika ada permasalahan bisa mekanisme yang ditempuh, lewat KCD, kepala dinas, sehingga siswa tidak sampai turun massa,” tambahnya.

Uu menyebutkan agar para pendidik tidak hanya memberikan pendidikan tekstual saja, melainkan  juga kontekstual.

“Bagaimana filosofi guru adalah digugu dan ditiru. Untuk kedepannya memberikan pengajaran dan contoh yang baik bagi murid-muridnya,” terangnya. (Tan)

Tags

Related Articles

Close
Close