HEADLINEPASBANDUNGPASKREATIFPASPENDIDIKAN

Fakultas dan Dekan Kedokteran Diresmikan Rektor Unpas

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Universitas Pasundan (Unpas) menggelar peresmian Fakultas Kedokteran Unpas dan pelantikan para dekan dan wakil dekan Fakultas Kedokteran Unpas masa bakti 2019-2023 pada Senin (2/12/2019) di di Aula Dr. Djoenjoenan Lantai 5 Jalan Sumatra No 41 Bandung.

Adapun yang dilantik yakni Dekan,  Prof. Dr. Dedi Rachmadi, dr., Sp.A(K)., M.Kes. Wakil Dekan I sekaligus Ketua Prodi Sarjana Kedokteran, dr. Ike Rostikawati,  M.Kes, Wakil Dekan II dr. Alma Lucyanti,  M.Kes, M.Si., MH.Kes dan Wakil Dekan III,  dr. Trias Nugrahadi,  SpKN (K).

Acara yang melibatkan ratusan peserta ini pun turut dihadiri oleh Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd. Ketua Umum Pengurus Besar Paguyuban Pasundan sekaligus Direktur Pascasarjana UNPAS Prof. Dr. HM. Didi Turmudzi, M.Si.

Hadir juga dalam undangan civitas akademika UNPAS,  Ketua YPDM dan YPT pasundan serta Dekan Fakultas Kedokteran Unpad,  Dekan Fakultas Kedokteran Maranatha,  Dekan Fakultas Kedokteran Swadaya Gunung Djati, Dekan Fakultas Kedokteran Unisba dan lain-lain.

Rektor Unpas, Prof.Dr.Ir.H.Eddy Jusuf Sp M.Si,.M.Kom. dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pendirian dari Fakultas Kedokteran Unpas cukup melewati perjalanan yang panjang sejak tahun 2008, dimana saat itu Prof Eddy masih menjadi wakil rektor 1 UNPAS.

“Kala itu kami berupaya keras untuk mendirikan program studi anastesi,  namun belum diijinkan,  meski begitu, semangat tidak surut hingga tahun 2015 kami mengajukan proposal kedokteran dan akhirnya mendapatkan rekomendasi dari ketua LLDIKTI. Untuk kemudian pada tahun 2019 ini kami resmi menerima SK untuk mendirikan Fakultas Kedokteran,” tandasnya.

Usai menerima SK pada tanggal 2 Oktober 2019, sehari setelahnya Unpas langsung membuka rekuitment untuk peserta didik baru dan yang terdaftar mencapai 90 orang untuk selanjutnya diseleksi dan terpilih 50 peserta yang menjadi mahasiswa kedokteran angkatan pertama Unpas.

“Tentu Fakultas Kedokteran akan menjadi  fakultas yang membangun, bagaimana kita dapat menghasilkan dokter yang kompeten,  dan tentu dalam perjalanannya kami tidak dapat bekerja sendiri, melainkan juga memerlukan dukungan dari banyak pihak yaitu para mitra yang ada di lingkungan wilayah Jabar dan Banten. Serta kami juga berterimakasih kepada LLDIKTI Wilayah IV yang terus mengawal kami,” jelas Prof Eddy.

Prof Eddy menambahkan bahwa perlengkapan lainnya akan terus dibangun,  dan saat ini fokus untuk mengembangkan SDM di lingkungan fakultas Kedokteran UNPAS serta mempersiapkan akreditasi. (Tan)

Tags

Related Articles

Close
Close