PASJABAR

Film Suara April Ajak Masyarakat Sadar dan Berpartisipasi Pemilu

BANDUNG, PASJABAR.COM — Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat mengadakan sosialisasi film “Suara April” pada Minggu (14/4/2019) dengan memfasilitasi nonton bareng  di  CGV Paris Van Java, Jl. Sukajadi No.131-139, Bandung.

Kepala Sub Bagian Teknis dan hubungan Partisipasi Masyarakat KPU Jawa Barat, Cecep Nurzaman mengungkapkan bahwa tayangan film Suara April ini dilaksanakan serentak di  33 provinsi dari tanggal 10-15 April 2019.

“Untuk Jawa Barat sendiri, kami sudah menggelarnya di Bogor, Bekasi, Depok dan kali ini di Bandung. Dengan nonton bareng ini diharapkan akan membawa semangat baik bagi penyelenggara dan yang paling penting adalah motivasi dari masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya,” ulasnya.

Dalam nonton bareng ini, hadir pula  para relawan demokrasi,  PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) serta Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), media dan masyarakat umum lainnya.

“Film ini ditayangkan berdekatan menjelang pemilu agar kesan dan pesan dari film ini masih melekat dalam diri masyarakat. Masih segar dan menjadi pendorong dalam memilih pada 17 April mendatang,” ucapnya.

Cecep juga mengulas bahwa, penanyangan Suara April ini salah satu sosialisasi KPU, disamping  adanya rumah pintar pemilu di setiap KPU kota dan Provinsi. Serta sosialisasi dengan tatap muka dan melakukan pertemuan dengan berbagai kelompok, ormas, pemuda, kelompok adat dan lainnya, termasuk lewat media.

“Film ini merupakan pendidikan politik bahwa relawan demokrasi  harus dihargai, bahwa seorang pemilih dapat menggunakan hak pilihnya karena perjuangan para relawan denokrasi,  yang berjuang dengan tenaga, pikiran, air mata bahkan darah untuk memberikan kesadaran dalam memilih,” paparnya.

Dalam film  ini juga diulas bagaimana masyarakat dapat bersikap dewasa untuk menolak semua bentuk money politik seperti  penyuapan, gratifikasi,  dan lainnya sebagai bentuk upaya penyelenggaraan pemilu yang berjalan dengan aman dan baik.

“Semoga masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya, kebijakan dari pemangku kebijakan yang nanti dapat mengubah keadaan lebih baik lagi, sehingga momen untuk memilih ini harus dimanfaatkan dengan sebaik, mungkin,” pungkasnya usai nonton bareng di CGV Paris Van Java. (Tan)

Tags

Related Articles

Close