PASBISNISPASNUSANTARA

Gudeg Gendis Penuhi Rindu Makanan Khas Yogyakarta

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Gudeg, menjadi salah satu kuliner khas Jawa Tengah. Kuliner ini pun menjadi salah satu makanan khas yang digemari oleh banyak kalangan baik anak muda, remaja maupun orang tua.

Sejak awal Mei 2019, di Kota Bandung hadir salah satu Warung Gudeg yang enak, bervariasi namun tetap murah. Namanya “Gudeg Gendis” yang mampu memenuhi  rindu makanan khas yogyakarta.

Gudeg Gendis berada di Jalan Sarimanah, Sarijadi, Kota Bandung dengan membuka beberapa varian diantaranya gudeg ayam sayap, gudeg ayam suwir, gudeg ayam paha, dan gudeg telur.

Pemilik dari Warung Gudeg Gendis, Maulisa Rochmawati mengungkapkan bahwa semua varian Gudeg menggunakan bahan nangka dan bahan kuah areh yang cukup kental sehingga benar-benar seperti gudeg dari daerah asalnya.

“Semua varian gudeg memiliki rasa uniknya masing- masing, akan semakin nikmat dengan ditambah sambal goreng krecek yang cukup pedas,” tandas Maulisa, yang ditemui Pasjabar, beberapa waktu lalu.

Maulisa melanjutkan bahwa proses pembuatan gudeg Jogja ini dimasak dengan cara direbus atau membacem bahan-bahannya menggunakan daun jati yang agak muda. Dengan begitu, akan menghasilkan kuah gudeg yang cukup pekat dan tekstur yang kental serupa kalio.

“Adapun yang menjadi pembeda gudeg Gendis dengan yang lainnya  adalah cita rasa gudeg yang tidak terlalu manis dan bahan sambal krecek yang dipakai, yakni dari bahan cabai pilihan yang dipadukan dengan bahan tempe dan kacang tolo,” terangnya.

Peminat dari nasi gudeg pun terbilang banyak, baik yang datang untuk makan ditempat bersama keluarga dan rombongan maupun yang memesan untuk dibawa pulang.

Selain  menu Gudeg, Gudeg Gendis juga menyedikan tahu gejrot serta makanan khas jawa tengah dan timur lainnya seperti Selat Solo yang merupakan makanan khas Solo dengan kentang, wortol, buncis, selada,

Daging rendang. Atau juga Soto Sulung, dari Jawa timur yang bumbunya kaya rempah, kuahnya nikmat  dengn campuran jeroan,  daging dan telur ayam.

Untuk harga, sangat terjangkau mulai dari  Rp10.000-19.000,- dengan jam operasional pukul 10.00-21.00 WIB. (Tan)

Tags

Related Articles

Close
Close