PASOLAHRAGA

Hanya Digdaya di Babak Pertama, Persib Diimbangi Borneo FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMPersib Bandung kembali meraih hasil buruk. Tampil di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (14/8/2019) malam, Persib hanya bermain imbang 2-2 melawan Borneo FC.

Dua gol Persib diciptakan Ghozali Siregar (8′) dan Esteban Vizcarra (24′). Sedangkan gol Borneo FC dicetak Lerby Eliandry (62′) dan Renan da Silva (72′).

Permainan Persib terlihat cantik di babak pertama sehingga bisa unggul dua gol. Tapi, permainan cantik mendadak lenyap. Hingga akhirnya, Borneo FC mampu menyamakan skor di babak kedua.

Jalannya pertandingan

Peluang pertama didapat Hariono pada menit kedua. Bola liar di luar kotak penalti disambar sepakan keras. Bola meluncur deras ke gawang tapi berhasil ditepis kiper Nadeo Arga Winata. Tak lama berselang, bola hasil sundulan Bojan juga mampu ditepis sang kiper.

Gol! Persib unggul 1-0 pada menit kedelapan lewat sepakan Ghozali Siregar. Aksi individual Ezechiel diakhiri umpan silang ke kotak penalti. Dengan cerdik, Ghozali ‘menyelinap’ di antara pemain belakang lawan dan menyontak bola dengan kaki kiri. Bola tak mampu dijangkau kiper Nadeo Arga Winata.

Borneo FC berusaha membalas. Sebuah serangan cepat diakhiri sepakan Terens Puhiri pada menit 11. Tapi, bola meluncur jauh dari sasaran.

Persib nyaris menggandakan keunggulan pada menit 21. Aksi individu Vizcarra diakhiri umpan silang ke kotak penalti. Ezechiel menanduk bola. Sial, bola melintas tipis d atas gawang Borneo FC.

Gol! Persib benar-benar menggandakan keunggulan jadi 2-0 melalui sundulan Vizcarra pada menit 24. Gol itu bermula dari aksi individu Febri Hariyadi di sektor kiri pertahanan Borneo FC.

Usai mengelabui pemain belakang, ia mengirum umpan ke kotak penalti. Dengan tenang, Vizcarra mengundul bola sambil menjatuhkan diri. Bola pun menggetarkan gawang Borneo FC.

Semenit berselang, Vizcarra kembali menanduk bola di kotak penalti usai mendapat umpan dari Febri Hariyadi. Kali ini, bola berhasil ditangkap kiper Nadeo Arga Winata.

Borneo FC sendiri terus berusaha mencetak gol. Tapi, berbagai upaya yang dilakukan selalu dipatahkan pemain belakang Persib. Bahkan, hingga menit 38 tak satu pun peluang emas diciptakan.

Menit 39, Febri Hariyadi punya kesempatan emas mencetak gol setelah tinggal berhadapan dengan kiper lawan. Tapi, bola hasil sepakannya melenceng tipis ke kiri gawang.

Febri kembali punya peluang emas pada menit 44. Ia melepas sepakan keras dari sudut sempit di kotak penalti. Bola berhasil diblok kiper Nadeo Arga Winata. Itu jadi peluang terakhir di laga tersebut. Babak pertama pun diakhiri dengan skor 2-0 untuk keunggulan Persib.

Di awal babak kedua, Persib menurunkan intensitas serangan. Sebaliknya, Borneo FC meningkatkan agresivitasnya. Tapi, hingga menit 55 tak ada gol yang tercipta.

Peluang Borneo FC pada menit 57 pun tak berbuah hasil. Sepakan keras Firdaus Ramadhan melenceng tipis ke kanan gawang. Semenit kemudian Ambrizal Umanailo berhasil mengelabui Supardi di kotak penalti dan melepas sepakan. Sial, kali ini bola melenceng tipis ke kanan gawang.

Gol! Borneo FC memperkecil skor melalui Lerby Eliandry pada menit 62. Gol dihasilkan melalui tendangan bebas. Dengan mulus, bola mendatar hasil sepakan Lerby tak mampu diantisipasi kiper I Made Wirawan. Skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Persib.

Usai kebobolan, permainan lambat dan tak lagi ngotot yang diperagakan Persib seperti di babak pertama tak terlihat. Sejak memasuki babak kedua, para pemain seolah kehilangan ruh permainan cantik yang diperagakan di babak pertama. Hal itu pun membawa petaka.

Borneo FC justru tampil cantik sepanjang babak kedua. Padahal, permainan Borneo FC terlihat membosankan di babak pertama. Hal itu berbuah manis.

Gol! Borneo FC menyamakan skor menjadi 2-2 pada menit 72 melalui eksekusi penalti Renan da Silva. Berbekal pengalaman dan kemampuannya, bola hasil sepakan Renan meluncur mulus ke gawang Persib tanpa bisa dijangkau kiper I Made Wirawan.

Hukuman penalti sendiri diberikan wasit setelah Hariono melanggar keras Matias Conti. Kakinya mengenai kepala Conti. Tanpa ampun, wasit menunjuk titik putih dan mengganjar Hariono dengan kartu kuning.

Persib mencoba menambah pundi-pundil gol melalui eksekusi tendangan bebas Ezechiel pada menit 77. Bola melintas di atas gawang Borneo FC.

Setelah skor 2-2 tensi permainan kedua tim sama-sama meningkat. Permainan cepat diperagakan demi mengejar gol tambahan.

Menit 90, wasit mengeluarkan kartu merah untuk Sultan Samma. Hal itu memancing perdebatan pemain. Sultan Samma yang ogah-ogahan keluar lapangan pun didorong oleh Erwin Ramdani. Erwin pun diganjar kartu kuning oleh wasit.

Di detik-detik akhir, Supardi mengeksekusi tendangan bebas. Bola membentur mistar gawang bagian atas. Itu jadi peluang terakhir di laga tersebut. Skor berakhir 2-2.

Susunan pemain

Persib: I Made Wirawan (GK), Ardi Idrus, Bojan Malisic, Indra Mustafa, Supardi Nasir (C), Hariono, Abdul Aziz (63′ Kim Kurniawan), Esteban Vizcarra, Febri Hariyadi, Ghozali Siregar (81′ Erwin Ramdani), Ezechiel Ndouassel

Borneo FC: Nadeo Agra Winata (GK), Fathul Rachman, Firdaus Ramadhan, Javlon Guseynov, Wildansyah, Ambrizal Umanailo (65′ Sihran Amrullah), Mahadirga Lasut, Makarius Suruan (33′ Sultan Samma), Renan da Silva, Terens Puhiri (58′ Matias Conti), Lerby Eliandry (C). (ors)

Tags

Related Articles

Close