PASBANDUNG

Hari Pertama Rekayasa Jalan Sukajadi, Bikin Macet

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMHari pertama ujicoba rekayasa Jalan Sukajadi, kepadatan melanda kawasan sekitar. Meski demikian, pihak kepolisian sudah memprediksi kemacetan tersebut.

“Hari ini baru dilaksanakan rekayasa jalan, dan kami sudah memprediksi adanya kepadatan,” ujar Kasatlantas Polrestabes Bandung, AKBP Agung Reza, yang ditemui di sela-sela rekayasa jalan Kamis (11/7/2019).

Agung mengatakan, kepadatan terebut wajar, karena mengubah satu kebiasaan di kawasan yang cukup besar. Terlebih di hari pertama, masih banyak masyarakat yang bertanya.

“Mengubah suatu kebiasaan itu kan tidak mudah. Apalagi di hari pertama ini masyarakat masih agak bingung,” tegasnya.

Kemacetan nampak di persimpangan Cipaganti-Pasteur, Agung mengatakan kemacetan itu karena itu merupakan titik pertemuan dari bawa, JL Abul Rivai, JL Cipaganti, Pasteur dan JL jundjunan. Kepadatan selanjutnya di JL Eyckman, itu juga merupakan titik pertemuan.

“Tapi kita akan mencari CB (cara bertindak,red) untuk menguras, sebelum menormalkan kembali,” tambahnya.

Menurut Agung kepadatan terjadi di luar jalur utama, sementara di jalur utama arus malah terlihat relatif lancar. “Ini wajar, karena masih dalam tahap awal,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana mengatakan, kepadatan ini mungkin akan berlangsung hingga hari ke dua rekayasa jalan.

“Kemungknan kepadatan hari ke dua lantaran akhir pekan banyak pendatang. Para pendatang kan belum mendapatkan sosialisasi mengenai rekayasa jalan ini,” terang Yana.

Namun lama kelamaan, Yana yakin kepadatan akan terurai. Karena masyarakat sudah paham mengenai rekayasa jalan ini.

“Kita kan sudah melakukan simulasi, dan berdasarkan simulasi seharusnya bisa mengurangi kemacetan. Jadi, kalau semuanya taat aturan, seharusnya bisa mengurangi kemacetan, ” papar Yana.

Kepada masyarakat, Yana menghimbau untuk mengikuti aturan dan rambu yang sudah dipasang oleh petugas. (put)

Tags

Related Articles

Close