HEADLINEPASPENDIDIKAN

HIMA KS FISIP Unpas Bahas Kemiskinan di Indonesia

BANDUNG, PASJABAR.COM —¬†Himpunan Mahasiswa Ilmu Kesejahtraan Sosial (HIMA KS) FISIP Universitas Pasundan (Unpas) mengadakan seminar nasional¬† “Pendekatan Interdisipliner dan Profesi Dalam Menangani Kemiskinan di Indonesia”, Sabtu (13/4/2019), dii Aula Sudirareja Jl. Lengkong Besar No.48, Cikawao, Lengkong, Kota Bandung.

Dalam seminar tersebut hadir sebagai pembicara dosen Ekonomi UNPAS dan pengamat ekonomi Acuviarta Kartabi, S.E MEc , dosen antropologi UNPAD dan Peneliti Dr. Budi Rajab, Dirjen Rehabilitasi Sosial Kementrian Sosial RI Edi Suharto, Phd M.Sc serta CSR PT. Sinarmas Land, Ganuardi Pradipta, S.Tr. Sos

Ketua Himpunan Mahasiswa Kesejahtraan Sosial, Ikhsan Maulana mengungkapkan bahwa kegiatan ini diadakan untuk mengulas permasalahan kemiskinan yang ada di Indonesia.

“Seminar ini juga merupakan upaya untuk mencari solusi dari berbagai aspek atau perspektif pembicara agar peserta terinspirasi untuk berkontribusi dan mau berkolaborasi untuk bersama pemerintah pusat membuat program untuk mengatasi kemiskinan,” terangnya.

Ada sekitar 300 peserta yang mengikuti seminar ini, baik dari UNJANI, UNPAR, Widyatama, STKS BAndung, STKIP Pasundan, ITENAS, Binus. UNLA, Universitas Maranatha dan UNPAD.

“Saat ini sudah banyak program yang semakin baik dari pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan, salah satunya dalam bidang infrastukrur dengan membangun jalur transportasi sehingga bisa membantu memecahkan solusi ekonomi masyarakat dan kemudahan dalam membangun usaha,” tandasnya.

Ikhsan juga menambahkan bahwa mahasiswa memiliki peranan penting untuk sadar dan mau berkontribusi dalam memberantas kemiskinan. Karena ini merupakan tanggung jawab bersama baik pemerintah, maupun mahasiswa.

“Kemiskinan menjadi hal yang sangat penting untuk ulas karena hal tersebut merupakan permasalahn sosial yang urgen, berkaitan dengan kemampun manusia dalam memenuhi kebutuhan primernya berupa sandang, pangan dan papan,” jelasnya.

Diharapkan lewat acara ini, mahasiswa akan terjun langsung kepada masyarakat untuk menjalankan fungsi dari tri dharma perguruan tinggi, memberikan edukasi, solusi, dan ide-ide cemerlang bagi kemajuan bangsa. (Tan)

Tags

Related Articles

Close