HEADLINEPASBISNISPASJABAR

Ini Dampak Revolusi Industri 4.0 Terhadap Profesi Human Resaurces

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Perhimpunan Manajemen Sumberdaya Manusia (PMSM) Indonesia DPD Jawa Barat mengadakan HR meet and talk dengan tema “Dampak revolusi industri 4.0 terhadap profesi human resaurces (HR)” pada Rabu(15/1/2020) di BPJS ketenagakerjaan lantai 3 Jalan PHH Mustofa No. 39 Bandung.

Acara yang disponsori oleh cekaja.com dan didukung oleh BPJS ketenagakerjaan serta www.pasjabar.com , menghadirkan entrepreneur and career coach, Yos Vincenzo sebagai pemateri dan  Operations director Cekaja.com Juliana Simanjuntak.

Ketua umum PMSM Jawa Barat,  Drs.Dadang Budiaji,  MM. mengungkapkan bahwa PMSM memiliki kegiatan reguler dengan mengadakan talkshow dan tema yang digelar saat ini menyoroti tentang perkembangan revolusi 4.0.

“Ada sekitar 100 peserta yang mengikuti acara ini dan  kebanyakan merupakan member PMSM, ada yang merupakan seorang praktisi, konsultan juga akademisi dan tentunya hal ini membuka wawasan baru tentang SDM yang bisa diterapkan sesuai dengan profesinya,” tandasnya.

Dadang mengulas bahwa dalam acara ini para peserta juga mendapatkan banyak masukan, dan memberikan gambaran tentang perkembangan teknologi dan kebutuhan SDM.  dimana muncul kekhawatiran akan banyak pekerjaan yang hilang, namun hal tersebut akan diganti dengan sebuah pendekatan baru tentang pengelolaan SDM, sejauh mana teknologi bisa membantu manusia bekerja dengan lebih efektif dan efisien.

“Jika dilihat dari sisi positif, teknologi ini akan sangat membantu dan menjadi booster dimana kinerja dari sumberdaya manusia di sebuah organisasi akan lebih baik lagi kedepannya,” urainya.

Sementara itu, pemateri sekaligus Operations director Cekaja.com Juliana Simanjuntak menjelaskan bahwa dalam kegiatan ini ia memperkenalkan tentang cekaja yang merupakan marketplace untuk produk-produk finansial seperti tabungan,  kartu kredit, investasi,  pinjaman, asuransi dan lainnya.

“Pada tahun 2020 kita memiliki strategi dan mengajak teman-teman untuk bersentuhan dengan dunia online dan bagaimana menghadapi perkembangan jaman yang semakin digital, dan disinilah kami menginformasikan cekaja,  dimana didalamnya diperkenalkan tentang produk finansial yang dapat membantu,” ulasnya.

Adapun entrepreneur and career coach,  Yos Vincenzo mengatakan bahwa dalam materi ia menyampaikan tentang PPT atau People, process and technology,  dimana people atau sumber daya manusia menjadi aspek yang paling penting.

“Selanjutnya adalah bagaimana kita menghadapi millenial, tentang  apa yang harus dilakukan, kreatifitas  apa yang harus dimunculkan dan bagaimana kita bisa menerapkannya. Disamping itu juga langkah apa yang harus dilakukan dalam memulai start up dan bertahan dalam karir pekerjaan,” ulasnya.

Terakhir Yos juga menambahkan bahwa kita perlu percaya kedepannya peran SDM akan semakin penting,  sebab dimana saat teknologi semakin canggih dan proses semakin berkembang disanalah manusia bisa kian berperan dan dibutuhkan didalamnya. (Tan)

Tags

Related Articles

Close
Close