HEADLINEPASBISNIS

Kopi Asal Jabar Ini Hanya Dipetik Saat Bulan Purnama

BANDUNG, PASJABAR.COM – Jawa Barat saat ini sedang gencar mempromosikan kopi khas daerahnya, salah satu kopi unik yang berasal dari Jawa Barat yakni kopi asal Karawang.
Dibilang unik, pasalnya, kopi khas Karawang ini hanya dipetik saat bulan Purnama. “Kopi Purnama dipetik pada bulan Purnama. Bahkan memanen kopi bisa hingga tengah malam,” kata Aang Sobandi, petani kopi Karawang, yang ditemui beberapa waktu lalu.
Dijelaskannya, karena dipanen pada saat bulan Purnama itu akhirnya petani kopi Karawang memberinya nama Kopi Purnama.  Purnama  lamanya 29,5 hari. Maka bulan purnama biasanya terjadi  di antara hari ke -14 dan 15 dalam kalender Lunar.
“Ketika buah kopi memerah, kita harus menunggu dulu sampai bulan purnama penuh. Ketika bulan purnama tiba, barulah kita panen kopi,” tutur Aang.
Cara memanen kopi di bulan purnama ini ternyata  masih ada hubungannya dengan kearifan lokal masyarakat Karawang. Masyarakat meyakini, bahwa buah-buahan yang dipetik di bulan purnama hasilnya pasti lebih enak saat dikonsumsi. Maka sama halnya dengan kopi yang dipanen di bulan Purnama.
“Saya melihat memang hasilnya beda antara kopi yang dipanen saat bulan purnama dengan yang dipanen dengan metode biasa. Ceri kopi yang dipanen di bulan purnama lebih terasa manis,” kata Aang.
Kopi Purnama  menjadi primadona di Karawang. Aang mengaku permintaan Kopi Purnama cukup tinggi khususnya dari daerah Bekasi. (Risca Tresmianti Suarna)
 

Tags

Related Articles

Close