PASBANDUNGPASBISNIS

Makanan Sunda yang Lengkap dan Bervariasi Ini Tak Akan Bikin Bosan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Sebagai sajian yang khas, makanan sunda selalu menjadi daya tarik siapapun untuk menyantapnya. Apalagi jika sajiannya bervariasi namun tetap dengan ala dan rasa khas tanah parahyangan.

Di Rumah Makan Manjabal yang memiliki banyak cabang, dan salah  satunya terletak di Jalan Soekarno Hatta No 88, Sukawarna, Kota Bandung ternyata menyajikan sajian khas sunda yang sangat memiliki berbagai varian dan tak akan bosan.

“Rumah Makan Manjabal sudah ada mulai hadir di Bandung sejak 2016 dan menyediakan berbagai varian menu khas sunda yang cukup lengkap, sehingga pengunjung bisa memilih menu apa yang sedang diinginkannya,” terang Pengelola Rumah Makan Manjabal cabang Soekarno Hatta Felix William.

Beberapa diantaranya yakni nasi timbel baik polos atau komplit, liwet, gepuk, tutug oncom,  serta nasi goreng atau seafood. Adapula gurame salah satu menu andalan dengan berbagai variasi sepertu di bakar cobek, kecap kacang, goreng, asam manis, acar, sop, dan tumis pete.

Tidak hanya itu, ada pula sop bauik buntut maupun iga, juga daging bebek kewod, ayam goreng, ayam bakar, dan gepuk sapi.

Untuk udang juga bervariasi dari udang goreng, asam manis, dan goreng tepung. Serta cumi tumis, asam manis dan goreng tepung, ditambah sayuran seperti karedok campur, cah kangkung, cah genjer, cah toge tahu, pencok leunca, jengkol atau pete, ulukutuk leunca, dan lainnya.

“Melengkapi sajian kami, tersedia pula lauk tambahan berupa telur dadar seperti peda, pete, dan mata sapi, asin jambal, mendoan, tahu goreng, tempe goremg, dan tumis tulang bawal. Serta ada pula sambal goang dan sambal dadak,” tandasnya.

Minumannya terdiri dari es jeruk, es kelapa muda, kelapa batok, alpukat gula aren, es marquisa, soda gembira, jus kelapa muda, jeruk nipis, jus wotel, es campur, aneka kopi, teh manis panas atau hangat, dan lain-lain.

“Untuk pemilik Rumah Makan Manjabal ini adalah H Oom yang berasal dari Ciamis Gunung Cuku Jawa barat yang mulai merintis usaha ini sejak 1997 dan dibuka pertama kali  di Ciamis,” terangnya beberapa waktu lalu.

Felix melanjutkan bahwa menu masakan khas Sunda yang ditawarkan di Cabang Soekarno Hatta ini tetap sama dengan yang ada di pusatnya, Ciamis.

“Semua resep masakan yang ada di Manjabal berasal dari koki yang berasal dari Ciamis, sehingga citarasanya sama dan tetap terjaga,” tandasnya.

Sementara itu untuk keseluruhan varian menunya berkisar antara Rp.5.000 hingga Rp 98.000. Dan untuk minuman dari Rp 6.000 hingga Rp 22.000.

Adapun jam operasional Rumah Makan Manjabal Soekarno Hatta dibuka setiap hari pada pukul 09.00 WIB-21.00 WIB. (Tan)

Tags

Related Articles

Close