HEADLINEPASPENDIDIKAN

Menwa Kompi-E Unpas Jadikan Mahasiswa Tangguh dan Berwawasan Kebangsaan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMMenjadi Unit kegiatan mahasiswa yang unggul, professional, tangguh dan berwawasan kebangsaan yang berlandaskan Pancasila, UUD 1945, Panca Dharma Satya dan Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah visi dari Resimen Mahasiswa Mahawarman (Menwa) Batalyon IV Kompi E Universitas Pasundan Bandung.

“Kami ingin menghasilkan SDM yang unggul dalam bidang Hankam, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak tinggi, dan berbudaya Indonesia serta membentuk kekuatan personil yang tangguh, berwawasan luas dan profesional,” terang Komandan Kompi Resimen Mahasiswa Mahawarman Kompi – E, Muhammad Rifki Ramadhani, kepada Pasjabar, Jumat (13/9/2019).

Disamping itu, Rifki menambahkan bahwa Resimen Mahasiswa juga berupaya untuk membangun dan membina hubungan kerjasama yang baik dengan berbagai pihak khususnya di Lingkungan Universitas Pasundan Bandung dan Instansi-instasi lain untuk pengembangan serta Eksistensi Menwa Kompi E.

“Kami menjalin hubungan yang baik dan suasana kekeluargaan antar anggota aktif dan koprs Menwa Kompi E Unpas serta Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Pasundan Bandung serta memegang teguh Tri Dharma Perguruan tinggi dan menjadikan Panca Dharma Satya sebagai dasar dan aturan dalam bersikap, berfikir dan bertindak serta memperbaiki yang kurang, kurangi yang berlebihan,” paparnya.

Adapun untuk kegiatan besar rutin mulai dari PKKMB, yang mana kegiatan ini memperkenalkan Komando Resimen Mahasiswa Universitas Pasundan adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa

yang berada di bawah naungan Universitas Pasundan dan juga mengajak mahasiswa baru untuk mengikuti atau menjadi anggota Resimen Mahasiswa Universitas Pasundan.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan informasi kepada para mahasiswa mengetahui gambaran yang jelas mengenai Resimen Mahasiswa dan hal – hal lain yang berada dalam organisasi Resimen Mahasiswa serta menumbuhkan rasa cinta tanah air. Mendapatkan kader penerus Resimen Mahasiswa Universitas Pasundan yang memiliki loyalitas dan dedikasi serta kebanggaan atas satuannya.

“Selain itu, kami mengadakan Pra-Pendidikan Dasar dan Pendidikan Dasar, sesuai dengan prinsip Widya Castrena Dharma Siddha yang artinya penyempurnaan pengabdian dengan ilmu pengetahuan dan ilmu keprajuritan yaitu kita menyelenggarakan kegiatan ini guna menambah wawasan dan pengetahuan bagi mahasiswa tentang olah keprajuritan,” jelasnya.

Kegiatan tersebut lanjut Rifki sebagai penunjang bahwa Menwa ini selain menimba ilmu di bangku perkuliahan ditambah dengan ilmu kemiliteran guna penyaluran potensi mahasiswa dalam rangka mewujudkan hak dan kewajiban warga Negara dalam Bela Negara.

“Tidak hanya itu, kami pun mengadakan latihan Pemantapan Dharma Satya, yaitu sebuah kegiatan atau bisa disebut juga dengan tradisi Kompi – E guna membentuk mahasiswa yang memiliki sikap, disiplin, mental, kemampuan fisik, pengetahuan, dan keterampilan dasar agar mampu melaksanakan tugas dan fungsi Menwa sesuai dengan Panca Dharma Satya dan juga memantapkan semua ilmu yang telah didapatkan saat Pendidikan Dasar dan diaplikasikan di Latihan Pemantapan,” tandasnya.

Terakhir, UKM yang memiliki anggota aktif sebanyak 45 orang, ini juga kerap mengadakan HUT Kompi – E, yakni suatu kegiatan untuk memperingati hari jadi UKM Dalam acara ini, biasanya Menwa Kompi E mengundang menwa dari satuan lain untuk menjalin dan menjaga silaturahmi antar satuan.

“Rencana kita untuk kedepannya ialah melaksanakan program kerja sesuai rencana demi mewujudkan visi dan misi kami dan juga untuk memajukan Resimen Mahasiswa Kompi – E dan juga Universitas Pasundan,” terangnya.

Rifki berharap bahwa UKM Menwa kedrpannta akan semakin solid, profesional, berwawasan luas, memiliki loyalitas yang tinggi, mempunyai fisik yang prima dan juga mental yang kuat guna menunjang tugas pokok dan fungsi menwa di kampus sendiri yakni sebagai stabilisator dan dinamisator kampus. (Tan)

Tags

Related Articles

Close