PASBANDUNGPASPENDIDIKAN

Oded Ingin Pramuka di Sekolah Tidak Mati

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Dinilai banyak memiliki dampak positif, Walikota Bandung Oded M. Danial ingatkan agar gerakan Pramuka di sekolah-sekolah, tidak padam.

“Bagaimanapun juga, gerakan pramuka harus terus ditumbuhkan di sekolah-sekolah dan di tengah masyarakat. Karena kegiatan ekstrakurikuler ini memiliki nilai strategis dalam membangun generasi yang cerdas dan berkualitas,” ujar Oded disela kegiatan pemberangkatkan 34 orang anggota Penggalang Pramuka Kota Bandung yang akan mengikuti Jambore Ke-24 Pramuka Se-Dunia di Amerika Serikat dan Jambore Ke-13 Harleem 2019 di Belanda, Senin (15/7/2019).

Dikatakan Oded jika delegasi Pramuka dari Kota Bandung adalah anggota-anggota terpilih yang mampu mendorong peningkatan kualitas gerakan pramuka.

“Terutama dalam membina generasi muda agar menjadi sumber daya manusia yang berdisiplin, berbudi pekerti, dan mandiri,” paparnya.

Oded berharap kegiatan jambore internasional ini dapat memberikan bekal, pengalaman, wawasan dan kemampuan kepada para anggota pramuka yang diberangkatkan.

“Sehingga setelah pulang dari jambore, para anggota terpilih ini bisa menjadi teladan dalam pembinaan mental dan spiritual,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Harian Pramuka Kwarcab Kota Bandung, Deni Nuryana Hadimin berterima kasih atas atensi Pemerintah Kota Bandung.

“Semoga kami yang berangkat dapat membawa nama baik Bandung ke dunia internasional,” ujarnya.

Dari  34 orang anggota pramuka tersebut, sebanyak 27 orang akan mengikuti jambore di Belanda. Sedangkan sisanya mengikuti jambore di Amerika Serikat.

Jambore internasional bukanlah hal asing bagi pramuka Kota Bandung. Sebut saja pada tahun 2016, sebanyak 69 anggota pramuka Kota Bandung mengikuti Jambore Pramuka se-Dunia di Kuala Lumpur, Malaysia.

Disusul pada tahun 2017, mengikuti jambore tingkat asean di Filipina, lalu 2018 di Jepang dan Korea Selatan.

Rencananya, para peserta Jambore akan mengikuti diklat pada 17 Juli 2019 dan dilepas secara resmi oleh Presiden di Istana Negara pada 18 Juli 2019 mendatang. Sedangkan Jambore di Harleem, Belanda akan berlangsung pada 27 Juli hingga 7 Agustus 2019 mendatang. (Put)

Tags

Related Articles

Close