HEADLINEPASBANDUNGPASBUDAYAPASJABAR

Orang Indonesia Malas Baca Dan Nulis, Ini Alasan Emil Bangun Taman Dilan

Taman Dilan Akan Dijadikan wisata Literasi

BANDUNG, PASJABAR.COM — Menuai pro dan kontra, taman Dilan tetap di resmikan oleh Menteri pariwisata Arief Yahya dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Tetapi Ridwan Kamil mengganti nama taman menjadi taman sudut film Dilan atau Dilan Corner. Taman yang berada di lokasi depan sebelah kanan kawasan GOR Saparua Kota Bandung.

Walau namanya diganti, tetapi dalam spanduk acara tertulis ” Peletakan batu pertama taman Dilan di Kawasan Saparua”. Rencana taman ini, akan dijadikan lokasi wisata literasi dan film. Emil lalu menegaskan alasan membuat taman Dilan, karena literasi orang Indonesia sangat buruk. Indonesia urutan ke 60 dari 65 negara, ini membuktikan orang Indonesia malas membaca dan menulis. ” Inilah yang membuat Indonesia tidak maju dan juara, ujungnya banyak hoax, “jelas pria yanag akrap disapa Emil.

Taman sudut film Dilan ini, merupakan salah satu upaya menumbuhkan minat baca dan tulis. Karena selama ini lokasi disini kurang bermanfaat, maka di ubah dari kurang manfaat menjadi bermanfaat.

Target selesai pembangunan taman janji¬† Ridwan Kamil, satu tahun. Taman ini nanti akan di buat oleh Pemerintah Kota Bandung dan Jawa Barat. Gambaran bentuk taman nantinya, ada memorium film Dilan yang dibuat artistik, ada meja kursi untuk membaca dan menulis. ” Sehingga taman ini manfaatnya untuk taman belajar sastra, baik menulis maupun membaca sastra, ” Katanya pria yang kerap disapa Emil.

Peletakan bata pertama di lakukan Ridwan Kamil, Arief Yahya, Iqbal Ramadhan (Dilan) dan Vanesha Prescilla (Milea) dan disaksi seluruh pemain film Dilan 1991 serta kru. Walau Awalnya di isu banyak warga yang kontra atas penamaan taman Dilan, namun saat peresmian taman pada Minggu (24/02/2019) di hadiri ribuan warga Bandung dan wisatawan.

Bagi Iqbal Ramadhan pemeran Dilan dan Vanesha Prescilla pemeran Milea, sangat bangga dan terharu, dan berterima kasih kepada warga kota Bandung.

Kini kota Bandung resmi miliki taman Dilan dan menjadi kota pertama yang memperingati hari Dilan. Peringatan konvoi hari Dilan dimulai dari rumah dinas Gubernur Jawa Barat dengan bus bandros yang di ikuti seluruh pemain film Dilan 1991, keliling kota Bandung. Dan nonton bersama di beberapa bioskop di Kota Bandung. (J-be)

Related Articles

Close
Close