HEADLINEPASBANDUNG

Pedagang Pasar Ujungberung Bakal Direlokasi ke Lahan Dishub

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMPedagan Pasar Ujungberung (Uber) terdampak kebakaran, akan direlokasi ke lahan milik Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana, saat melakukan tinjauan langsun ke lapangan bersama Walikota Bandung Oded M.Danial.

“Jadi di samping timur, ada lahan milik Dishub, yang akan kita pakai untuk menampung Pedagan yang terdampak,” ujar Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana kepada wartawan Senin (10/6/2019).

Yana mengatakan, jumlah pedagang terdampak sebanyak 88 pedagang, 34 kios sisanya lapak. Sementara lahan yang dimiliki Dishub, sanggup menampung 54 kios. “Sehingga, kita menyiapkan 54 tenda bagi para pedagan,” tambahnya.

Menurut Yana, kebakaran sendiri berasal dari koprsleting listrik, dari sala satu pedagang buah. Api jadi mudah menyebar, karena dalam kios buah tersebut ada petasan dan mercon, yang dititipkan, karena ditinggal penjualnya mudik.

“Karena adanya bahan mercon dan petasan ini, jadi kebakaran sangat mudah menyebar, dan jadi sulit dikendalikan,” tegasnya.

Disinggung mengena kerugian, Yana mengatakan belum tahu persis, karena sedang dihitung. Yana juga memprediksi, kios masih bisa digunakan berjualan setelah garis polisi dicabut.

“Saya, tidak bisa memprediksi kapan garis polisi dicabut. Karena itu bukan kewenangan saya,” kata Yana.

Namun, menurut prediksi Yana, kios yang terbakar masih bisa digunakan, karena kerusakan tidak parah. “Jadi yang saya lihat, kerusakan hanya dibagian atap, sementara bagian bawahnya tidak rusak parah,” ujarnya.

Kerusakan nampak parah, pada tiang listrik yang melengkung karena itu merupakan titik api pertama ketikan kebakaran. “Tapi kita tetap harus menunggu hasil audit struktur dulu,” tambahnya.

Ke depan, Yana berharap P Pasar harus mengeck lagi instalasi listrik di pasar-pasar di Kota Bandung. Kepada PLN, Yana juga berharap agar ikut berpartisipasi dalam pengecekan instalasi listrik ini.

“Karena pihak PLN kan yang paham harus bagaimana,” tambanya.

Dikonfirmasi di tempat yang sama, Walikota Bandung Oded M.Danial yang meninjau langsung ke lapangan bersama Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana menyampaikan harapannya, agar tim reaksi tanap darurat bisa bekerja secepatnya.

“Kepada camat dan direks PD Pasar diharapkan bisa bekerja cepat dilaksanakan penangannya, agar pedagang bisa berjualan secepatnya,” paparnya. (put)

Tags

Related Articles

Close