HEADLINEPASJABAR

Pemerintah Harus Serius Tanggapi Kasus Miftahul

BANDUNG, PASJABAR.COM — Pengamat komunikasi agama Universitas Pasundan (Unpas), Prof. Ali Anwar Yusuf, menyebutkan pemerintah harus segera turun tangan untuk mendesak panitia Asia Para Games, melakukan regulasi terhadap aturan larangan berhijab bagi atlet yang akan bertanding.
Hal itu diungkapkan Ali, menanggapi kasus pengusiran Miftahul Jannah yang merupakan atlet blind Judo Indonesia, yang menolak melepas hijab saat akan bertanding dalam ajang Asian Para Games 2018, beberapa waktu lalu.

Pangamat Komunikasi Islam Unpas, Prof Ali Anwar Yusuf. (Pasjabar)
“Pertama saya sangat menyesalakan adannya aturan yang diskriminatif terhadap atlet berhijab, karena hijab itu hak untuk atlet jika ia ingin menggunakannya saat bertanding,” ungkap Ali, yang ditemui di ruang kerjanya, Rabu (10/10/2018).
Ali mengatakan, untuk sekelas pertandingan Asia, seharusnya tidak ada permasalahan seperti yang dihadapi Miftahul Jannah.
Oleh karenanya Ali berharap pemerintah segera turun tangan untuk menyelesaikan permasalahan ini khususnya dalam hal ini Kemenpora.
“Pemerintah melalui Kemenpora harus tanggap untuk permaslahan ini, jangan sampai dibiarkan begitu saja dan akhirnya nanti menjadi polemik di masyarakat. Sehingga terjadi protes dan aksi. Karena bagaimanapun ini menjadi sikap bangsa dan jati diri bangsa Indonesia. Dan kemerdekaan beragama itu sudah dijamin dalam Undang – Undang,” tegas Ali. (tie)

Tags

Related Articles

Close
Close