HEADLINEPASOLAHRAGA

Peran Ganda Eze Bikin Persib Jungkalkan PSIS

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Persib Bandung meraih tiga poin usai menjungkalkan PSIS Semarang dengan skor 2-1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Rabu (6/11/2019).

Gol Persib dicetak Ezechiel Ndouassel dan penalti Febri Hariyadi. Yang menarik, penalti dihasilkan berkat andil Eze yang dijatuhkan di kotak penalti lawan. Sementara satu gol PSIS diciptakan Bruno Silva.

Skor itu membuat Persib ada di posisi ketujuh klasemen sementara Liga 1 2019 dengan 37 poin. Sedangkan PSIS tertahan di posisi ke-13 dengan 28 poin.

Jalannya pertandingan

Tampil sebagai tim tamu, PSIS justru langsung menggebrak. Dua menit laga berjalan, PSIS memberi ancaman melalui tandukan Wallace Costa memanfaatkan tendangan bebas Finky Pasamba. Beruntung bola membetur pemain Persib dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Kedua tim lalu terlibat aksi saling serang. Tapi, mayoritas serangan lebih banyak mentah di sektor pertahanan lawan.

GOL!!! Persib membuat peluang pertamanya sukses menjadi gol pada menit kesembilan. Sang pencetak gol adalah Ezechiel Ndouassel. Dengan cerdik, Eze memanfaatkan umpan panjang dari Ardi Idrus.

Usai lepas dari jebakan offside dan kawalan pemain belakang, Eze menerobos kotak penalti dan melepas sepakan dari sudut sempit. Bola bergerak melengkung dan tak mampu dijangkau kiper Joko Ribowo. 1-0 Persib memimpin.

Menit 12, Eze nyaris mencetak gol kedua usai menerima umpan dari Omid Nazari. Sial, bola di depan gawang yang akan ditendang lebih dulu dihalau pemain belakang PSIS.

Giliran Febri mendobrak pada menit 15. Ia sukses mengelabui pemain belakang lawan sebelum melepas crossing. Sayang umpan ke mulut gawang lebih dulu dipotong kiper Joko Ribowo.

Eze mencoba keberuntungannya dengan menyundul bola di kotak penalti pada menit 18. Bola melenceng tipis ke kanan gawang PSIS.

Persib harus kehilangan Kevin Kippersluis yang tampil apik sejak menit pertama. Cedera memaksanya keluar pada menit 29 dan posisinya digantikan Esteban Vizcarra.

Esteban Vizcarra melepas sepakan di dekat kotak penalti usai kerjasama apik Febri dan Eze pada menit 33. Sial, bola hasil sepakannya bergulir ke kanan gawang PSIS.

Menit 36, Nick Kuipers mencetak gol melalui tandukan memanfaatkan sepak pojok yang dieksekusi Febri Hariyadi. Tapi, wasit tidak mengesahkan gol itu karena sebelum gol terjadi pelanggaran oleh pemain Persib di kotak penalti.

Kepiawaian kiper I Made Wirawan diuji pada menit 37. Bola meluncur deras ke gawang usai disundul pemain Persib. Beruntung, kesigapan Made mampu menepis bola yang datang mengejutkan tersebut.

Nick mencoba kembali keberuntungannya pada menit 40. Ia menanduk bola di kotak penalti usai memanfaatkan umpan panjang Omid Nazari. Sial, bola tak menemui sasaran.

Saat injury time, PSIS nyaris mencetak gol melalui tandukan Claudir Junior. Beruntung bagi Persib, bola melenceng tipis dari gawang.

Di awal babak kedua, Febri melepas tendangan bebas. Bola meluncur deras ke arah gawang. Beruntung bagi PSIS, kiper Joko Ribowo dengan sigap menangkap bola. Laga kemudian berjalan lebih lambat. Bahkan, Persib tak segreget seperti di babak pertama.

GOL!!! Secara mengejutkan PSIS menyamakan skor menjadi 1-1 pada menit 52 melalui gol Bruno Silva. Gol itu bermula dari bola liar hasil sundulan Supardi di area pertahanan Persib.

Bola kemudian dikuasai Bruno. Setelah sempat melewati Febri, ia melepas sepakan keras dari luar kotak penalti yang mengarah tajam ke gawang.

Persib merespon dengan memasukkan Ghozali Siregar menggantikan Frets Butuan pada menit 56. Hadirnya Ghozali diharapkan membuat daya gedor Persib lebih tajam usai Frets terkuras tenaganya.

Permainan justru berjalan lebih sulit bagi Persib. Mereka tampak bingung menembus pertahanan lawan. Sebaliknya, PSIS tampil lebih taktis dan leluasa dibanding babak pertama.

GOL!!! Persib unggul 2-1 pada menit 72 melalui eksekusi tendangan penalti Febri Hariyadi. Bola meluncur deras ke pojok kiri atas. Sementara kiper Joko Ribowo tak mampu menjangkau.

Penalti sendiri diberikan wasit usai Ezechiel dijatuhkan di kotak penalti oleh Fredyan Wahyu. Meski sempat diprotes pemain PSIS, wasit tetap menunjuk titik putih.

PSIS mencoba merespon. Menit 78, sebuah serangan balik diakhiri sepakan Caludir. Tapi, bola mampu ditangkap kiper I Made Wirawan.

Laga kembali berjalan sengit dan cepat. Sejumlah serangan pun dilancarkan kedua tim. Tapi, hingga akhir laga, skor 2-1 untuk kemenangan Persib tetap bertahan.

Susunan pemain

Persib: I Made Wirawan (GK), Supardi Nasir, Achmad Jufriyanto, Nick Kuipers, Ardi Idrus, Omid Nazari, Abdul Aziz (75′ Hariono), Febri Hariyadi, Frets Butuan (56′ Ghozali Siregar), Kevin Kippersluis (29′ Esteban Vizcarra), Ezechiel Ndouassel

PSIS: Joko Ribowo (GK), Safrudin Tahar, Wallace Costa, Frendi Saputra, Fredyan Wahyu, Finky Pasamba, Septian David Maulana, Jonathan Zorilla, Hari Nur Yulianto, Bruno Silva, Claudir Junior (ors)

Tags

Related Articles

Close
Close