PASBANDUNG

Peringati Hari Gunung Sedunia, Citarum Akademi Tanam Bambu

BANDUNG, PASJABAR.COM–  Dalam rangka memperingati hari gunung sedunia, Senin (11/12) lalu , Bandung Zoo bekerja sama dengan Akademi Citarum melakukan penanaman  jenis bambu endemik Jabar pada Selasa (11/12/2018) di Bandung Zoo.

Relawan Citarum Akademi, Mastok Setyanto, mengungkapkan kegiatan menanam bambu sama juga dengan menanam oksigen dam merawat kehidupan.

“Kami menanam 2 spesies bambu, sehingga menambah jumlah koleksi spesies bambu yang asalnya 12 spesies di Kebun Binatang ini menjadi 14 spesies,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut diikuti mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi untuk sekaligus memperlajari mengenai fungsi dan manfaat bambu dalam kehidupan.

Kegiatan penanaman pohon bambu juga diikuti Taman Kanak-Kanak (TK) yang tengah berkunjung ke Kebun Binatang, untuk ikut menaman bambu sekaligus mengenal ragam flora dn fauna.

“Kedepannya bambu yang ditanam akan menjadi pendukung ekologi. Menjadi cadangan bagi pohon bambu yang sudah tua, bagi kami tidak ada kata terlambat untuk menamam bambu,” terang Mastok.

Mastok juga menceritakan bahwa kegiatan ini merupakan program lanjutan dari kegiatan pada tanggal 28 November lalu, saat memperingati hari menanam bambu di Hutan Bambu yang terletak di Kawasan Cimenyan, Bandung Jawa Barat.

“Semoga nanti akan lahir generasi yang semakin peduli akan lingkungan, tidak hanya mencintai lingkungan tapi juga turut berpartisipasi dalam menjaganya,” tandas Mastok.

Salah satu mahasiswa, Isti dari ITENAS mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat, menarik, menambah wawasan dan mengenal lingkungan sekaligus sarana refreshing.

“Senang bisa berada di sini, semoga Citarum Akademi bisa semakin maju, disamping itu masyarakat juga semakin gemar menanam pohon, akan lebih banyak ruang terbuka hijau,” ucapnya antusisas siang itu.(Tan)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Check Also

Close
Close