HEADLINEPASOLAHRAGA

Persib Kalah Dramatis di Kandang Bali United

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMPersib Bandung harus pulang dengan tangan hampa. Dijamu Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (28/11/2019) malam, Persib kalah 2-3.

Dual gol Persib diciptakan Kim Kurniawan dan Frets Butuan. Sedangkan gol Bali United dicetak gol bunuh diri Supardi Nasir, Ilija Spasojevic, dan Stefano Lilipaly.

Laga ini cukup dramatis. Selama 90 menit penuh kedua tim tampil menyerang secara penuh. Sejumlah drama pun tersaji, mulai dari Persib yang sempat dua kali unggul hingga kartu merah bagi Leonard Tupamahu dan Ezechiel Ndouassel.

Atas hasil ini, Bali United semakin dekat dengan gelar juara karena memiliki 60 poin atau unggul 15 poin atas Borneo FC di peringkat kedua. Sedangkan Persib tertahan di posisi kedelapan dengan raihan 41 poin.

Kekalahan dari Bali United juga membuat rekor Persib tak terkalahkan dalam tujuh laga akhirnya terhenti.

Jalannya pertandingan

Permainan cepat dengan tensi tinggi langsung tersaji sejak kick off. Aksi saling serang diperagakan kedua tim di tengah gemuruh penonton di stadion.

Peluang pertama didapat Bali United pada menit ketujuh. Paulo Sergio melepas sepakan keras dari luar kotak penalti. Sial, bola tak menemui sasaran. Semenit berselang, Eze melepas sundulan di kotak penalti. Upayanya juga tak berbuah hasil.

Supardi Nasir melepas tendangan bebas langsung pada menit 18. Beruntung bagi Bali United, bola yang meluncur tajam berhasil diblok kiper Wawan Hendrawan.

Hingga menit 25, laga tetap berjalan konsisten. Kedua tim mempertahankan serangan cepat dan sesekali terjadi benturan keras di antara pemain.

Eze memamerkan skil meliuk-liuk di kotak penalti pada menit 29 dan mengakhirinya dengan sepakan keras. Bola berhasil diblok kiper Wawan Hendrawan. Bali United merespon. William Pacheco melepas sundulan di kotak penalti pada menit 30. Bola tetap tak mampu menembus gawang Persib.

Fadil Sausu menguji kemampuan I Made Wirawan pada menit 37 melalui tendangan bebas. Beruntung bagi Persib, bola yang meluncur deras ke gawang sukses dimentahkan Made.

Di menit-menit akhir babak pertama, tendangan bebas Febri Hariyadi berhasil ditepis kiper Wawan Hendrawan dan menghasilkan tendangan surut. Hal ini berbuah manis.

GOLLL!!! Persib unggul atas Bali United saat injury time babak pertama. Sang pencetak gol adalah Kim Kurniawan. Kejeliannya dalam memanfaatkan kemelut di kotak penalti berhasil membuat bola bersarang di gawang ‘Serdadu Tridatu’. 1-0 Persib memimpin.

Di babak kedua, tensi permainan kembali berjalan tinggi. Peluang emas didapatkan Ilija Spasojevic pada menit 50. Sial, bola hasil tandukannya berhasil diblok kiper I Made Wirawan.

Dua menit berselang, Made kembali melakukan penyelamatan apik. Ia sukses memblok bola hasil sepakan Paulo Sergio.

Skor menjadi 1-1 pada menit 55 setelah Supardi Nasir melakukan gol bunuh diri. Situasi ini bermula dari penalti yang diberikan wasit akibat bola mengenai lengan Nick Kuipers di kotak penalti.

Spaso maju jadi algojo penalti. Tapi bola berhasil diblok I Made Wirawan. Bola liar kemudian disundul Supardi yang berniat menjauhkan bola dari kotak penalti. Naas, bola justru meluncur deras ke gawang sendiri. Supardi pun langsung tersungkur menyesalinya.

GOLLL!!! Secara mengejutkan Frets Butuan membawa Persib kembali unggul pada menit 59. Gol ini bermula dari serangan balik cepat dan kolektivitas Ezechiel dan Omid Nazari. Omid kemudian mengirim umpan matang ke mulut gawang dan disambar tendangan Frets yang tak terkawal. Skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Persib.

Bali United berusaha menyamakan kedudukan. Menit 65, Stefano Lilipaly mengirim umpan ke kotak penalti yang disambut tandukan Leonard Tupamahu. Bola membentur mistar gawang. Sial, bola liar yang disambar tendangan voli juga melintas tipis di atas kotak penalti.

GOLLL! Spaso secara mengejutkan mencetak gol pada menit 73. Dalam posisi tanggung, Spaso sukses menyontek bola hasil kiriman Stefano Lilipaly. Skor menjadi 2-2.

Spaso pun tampak emosional menyambut golnya. Gol itu seolah jadi hadiah bagi almarhum istrinya yang belum lama ini meninggal.

GOLLL! Stefano Lilipaly membuat skor menjadi 3-2 untuk keunggulan Bali United pada menit 78. Umpan jauh yang diterima Lilipaly di kotak penalti langsung disambut sepakan keras tanpa sempat mengontrolnya. Bola sulit tak mampu dihadang kiper I Made Wirawan.

Laga makin berjalan sengit. Yang menarik, tempo permainan tetap berlangsung cepat. Kedua tim juga sama-sama berhasrat menambah pundi-pundul gol.

Menit 88, Ezechiel dan Leonard Tupamahu diusir keluar lapangan. Perseteruan keduanya yang terjadi beberapa kali membuat wasit menghadiahkan kartu kuning. Kebetulan, itu adalah kartu kuning kedua bagi mereka dan harus berujung kartu merah.

Yang menarik, beberapa peluang diciptakan kedua tim. Tapi, tak ada gol tambahan tercipta. Alhasil, laga dengan suasana seperti pertandingan final itu dimenangkan Bali United dengan skor 3-2.

Susunan pemain

Bali United: Wawan Hendrawan (GK), I Made Andhika, Leonard Tupamahu, William Pacheco, Ricky Fajrin, Brwa Nouri, Fadil Sausu (84′ Ahmad Agung), Paulo Sergio, Stefano Lilipaly (90′ Kadek Agung), Yabes Roni (68′ Fahmi Al Ayyubi), Ilija Spasojevic

Persib: I Made Wirawan (GK), Henhen Herdiana, Supardi Nasir, Nick Kuipers, Ardi Idrus, Omid Nazari, Dedi Kusnandar (81′ Hariono), Kim Kurniawan (76′ Kevin Kippersluis), Febri Hariyadi, Frets Butuan (66′ Esteban Vizcarra), Ezechiel Ndouassel. (ors)

 

 

 

 

 

Tags

Related Articles

Close
Close