PASBANDUNG

Puluhan Warga Bandung Ikuti Sekolah Pengawas Pemilu

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMBadan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bandung melatih 60 tenaga sukarelawan pengawas pemilu daerah.

Mentor pelatihan, Herminus Koto yang juga mantan Ketua Bawaslu Jabar menyebutkan, jika pelatihan tersebut sebagai upaya pemerintah dalam mencari warga yang siap berpartisifasi aktif dalam pengawasan pemilu serentak.

“Kegiatan pelatihan sekolah kaderisasi pengawas parsifiatif ini merupakan bagain dari upaya pemerintah dalam pengawasan pemilu serentak dari masyarakat yang dilaksanaan di hampir seluruh kab/kota di Indonesia, termasuk Bandung,” paparnya, belum lama ini.

Dikatakannya dalam pelatihan tersebut mereka dilatih dalam berbagai hal terutama yang berhubungan dengan pemilihan umum.

“Seperti penyelenggara seperti apa, UU pemilu itu apa saja, hak dan kewajiban pemilih dan bagaimana pengawasan dalam pemilu ketika menjadi saksi atau pengawas pemilu,” tutur Herminus.

Mereka yang mengikuti pelatihan tersebut merupakan warga Bandung terpilih, yang sebelumnya mendaftarkan diri ke Bawaslu Kota Bandung.

“Kami seleksi dari berbagai kalangan dari mulai mahasiswa, wiraswasta dan warga,” tambahnya.

Ia berharap dengan adanya tenaga sukarelawan pengawas pemilu tersebut kedepannya bisa berpartisifasi aktif dan pasif dalam penyelenggara pemilu di berbagai tingkatan. (tie)

 

Tags

Related Articles

Close
Close