PASJABARPASPENDIDIKAN

Raih Nilai Sempurna, Ini Siswa di Jabar dengan Nilai UN Tertinggi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Siswa di Jawa Barat dari SMA Kristen Penabur Harapan Indah Kota Bekasi, Dipasukha Edbert meraih nilai sempurna (400) pada UN tahun ajaran 2018/2019. Keberhasilannya itu pun mencatatkan namanya sebagai siswa dengan peraih nilai UN tertinggi di Jawa Barat.

Hari ini siswa SMA/MA/SMK di Jawa Barat menerima hasil Ujian Nasional (UN) tahun 2019, sesuai dengan data Direktorat Jenderal (Dirjen) Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Seperti dikutip Pasjabar dari laman resmi Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar, Senin () menghimpun 5 siswa peraih nilai tertinggi di setiap jurusan.

Siswa SMA Kristen Penabur Harapan Indah Kota Bekasi, Dipasukha Edbert meraih nilai sempurna (400) pada UN tahun ajaran 2018/2019. Ia menjadi siswa dengan nilai tertinggi untuk SMA jurusan IPA di Jabar. Posisi kedua ditempati siswa SMA Negeri 1 Bogor, Imam Nurul Hukmi dengan nilai 397,5. Tiga siswa lainnya, Keren Lolinhandary (SMA Kristen 1 BPK Penabur Kota Bandung), Nadya Laurentia (SMA Trinitas Kota Bandung), dan Farhansyah Yusuf Putra Hudaya (SMA Alfa Century Kota Bandung) meraih nilai sama (394) dengan menduduki peringkat tiga, empat, dan lima.

Sedangkan di jurusan IPS, siswa SMAN 1 Depok, Ninda Maghfira meraih peringkat pertama dengan nilai 396. Peringkat kedua dan ketiga ditempati Aria Kusuma Ramadhan (SMA Negeri 1 Bogor) dan Frederick Ruben Hartanto (SMA Santa Maria 1 Kota Cirebon) dengan nilai 394 dan 391. Kemudian, peringkat empat dan lima diraih Gabriella Alodia Jovita (SMA Kristen 1 BPK Penabur Kota Bandung) Hanan Tsabitah (SMA Negeri 2 Depok) dengan nilai masing-masing 390 dan 388.

Untuk jurusan bahasa, nilai total tertinggi diraih Antonetta Putri Cantika dari SMA Santa Angela Kota Bandung dengan nilai 385,5. Diikuti siswa SMAN 2 Bekasi, Enina Patricia pada peringkat dua dengan nilai 363. Sedangkan Ananda Anisah Firdaus (SMA IT-TQ Ihsya As Sunnah Kota Tasikmalaya), Risa Puspitaningrum (SMA Negeri 1 Margahayu Kabupaten Bandung), dan Christina Valencia (SMA Kristen 1 Bina Bakti, Kota Bandung) meraih peringkat tiga, empat, dan lima dengan nilai 350, 349,5 dan 348.

Terakhir pada jenjang SMK, peringkat satu dan dua diraih siswa SMKN 1 Cimahi, Naufal Aditya Juniarahman dan Naufal ‘Aqila Qamaruddin dengan nilai 376,5 dan 374. Diikuti Khofifah Nurhayati (SMKN 3 Bandung) pada peringkat tiga dengan nilai 369. Sedangkan peringkat empat dan lima diraih Siti Nuranisa (SMK Negeri 3 Bandung) dan Hanifah Maulida (SMK Negeri 1 Bandung) dengan nilai yang sama, 369.

Kepala Bidang (Kabid ) Pembinaan Sekolah Menengah Atas (PSMA) Disdik Jabar, Yesa Sarwedi mengapresiasi capaian para siswa. Ia turut berbangga atas prestasi yang mereka raih. “Semoga hasil ini dapat memotivasi siswa lainnya untuk meraih nilai optimal,” ujar Yesa, Senin (13/5/2019).

Yesa berharap seluruh siswa Jabar dapat diterima di perguruan tinggi yang dituju. “Sebagai pendidik, kita berharap mereka mampu melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi sesuai keinginan dan cita-cita mereka,”harapnya.(*/tie)

Tags

Related Articles

Close
Close