PASNUSANTARAPASPENDIDIKAN

Rektor Unisba Raih Runner Up Academic Leader 2019

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMRektor Universitas Islam Bandung, Prof. Dr. H. Edi Setiadi, SH., MH. meraih penghargaan pada Ajang Academic Leader 2019 yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti (SDID) Kemenristekdikti di Hotel Harris Vertu Harmoni Jakarta, beberapa wahri lalu.

Seperti siaran pers Humas Unisba kepda Pasjabar, Kamis (3/10/2019), Prof Edi terpilih sebagai runner up Academic Leader kategori dosen dengan tugas tambahan sebagai Rektor PTS tahun 2019.

Penghargaan Academic Leader 2019 diberikan untuk para akademisi, khususnya dosen yang telah menghasilkan karya inovasi bermanfaat bagi pembangunan nasional. Adapun anugerah ini terbagi dalam dua kategori besar, yaitu kategori dosen berdasarkan bidang keilmuan yang diampu, serta kategori dosen dengan tugas tambahan sebagai pimpinan perguruan tinggi dan kepala lembaga layanan pendidikan tinggi (LL-Dikti).

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti Kemenristekdikti, Ali Ghufron Mukti mengungkapkan, saat ini produksi SDM paling besar dan menentukan berasal dari perguruan tinggi. Menurutnya, kesuksesan sebuah perguruan tinggi tercermin dari kualitas dosen dan kemampuan rektor dalam memimipin. Dia menuturkan, kemampuan leadership menjadi modal utama bagi rektor untuk memimpin perguruan tinggi.

“SDM unggul tidak akan ada tanpa perguruan tinggi yang berkualitas. Perguruan tinggi berkualitas ada karena dosen-dosen yang hebat. Untuk membentuk iklim akademik yang kondusif, tentu dibutuhkan kepemimpinan yang baik pula, ujarnya.

Ali Ghufron mengatakan, untuk menjadi pemimpin yang handal, sesorang setidaknya harus memenuhi empat kriteria yakni visioner, menginspirasi (inspiring), mendorong atau memotivasi (encouraging), serta unggul (excellent). Bukan hanya itu, seorang pemimpin juga dituntut untuk bisa membawa gerbong perubahan inovasi menuju perbaikan.

Dirjen Ghufron berharap, penghargaan ini dapat mendorong dosen untuk tetap fokus pada bidang keilmuannya sehingga menjadi panutan bagi rekan sejawatnya. Dia mengatakan, selama ini tak sedikit dosen justru lebih mengejar karier untuk jabatan struktural. Padahal, di era revolusi industri 4.0 dosen tidak hanya dituntut untuk mentransformasikan keilmuan yang dimiliki tapi juga mengembangkannya melalui aspek tridharama perguruan tinggi yaitu pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

“Kesadaran untuk tidak melupakan khitahnya, yakni karier akademik dan pemimpin di bidang keilmuannya kami bangun salah satunya melalui apresiasi malam ini. Khusus bagi para rektor, kami lihat mereka yang mampu membawa perubahan dan lompatan bagi kemajuan institusinya,” sebut Dirjen Ghufron.

Malam Puncak Academic Leader Award 2019 turut  diramaikan dengan penampilan tarian oleh para Profesor dari Univeritas Pendidikan Indonesia (UPI), Band Dosen dari Universitas Trisakti, dan penampilan solo dari salah satu Dosen Universitas Indonesia (UI). Tampak hadir pula sejumlah pejabat Kemenristekdikti, seperti Sekretaris Ditjen Sumber Daya Iptek dan Dikti, Anondho Wijanarko; Sekretaris Ditjen Riset dan Pengembangan, Prakoso; Direktur Sarana dan Prasarana, Sofwan Effendi; dan Plt Direktur Kualifikasi SDM, Juniarti Duwi Lestari.

Adapun berikut daftar kategori beserta pemenang dari 12 penghargaan yang diberikan pada Malam Puncak Anugerah Academic Leader Award 2019:

1.Kategori Dosen sebagai Academic Leader

  1. Bidang Kependidikan

Pemenang : Prof. Dr. Didi Suryadi, M.Ed. (UPI)

Runner up : Dr. Siti Irene Astuti D, M.Si. (UNY)

  1. Bidang Sosial Humaniora

Pemenang : Mahfud Sholihin, Prof., M.Acc., Ph.D. (UGM)

Runner up : Prof. Tirta Nugraha Mursitama, S.Sos., M.M., Ph.D. (Binus University)

  1. Bidang Seni Budaya

Pemenang : Juju Masunah, M.Hum.,Ph.D. (UPI)

Runner up : Prof. Dr. Djatmika, M.A. (UNS)

  1. Bidang Sains

Pemenang : Prof.Dr.Eng. Khairurrijal M.Si. (ITB)

Runner up : Prof. Dr. Drs.Darminto M.Sc (ITS)

  1. Bidang Teknologi

Pemenang : Prof.Dr. Slamet Budijanto (IPB)

Runner up : Prof. Arief Budiman, D.Eng (UGM)

  1. Bidang Kemaritiman

Pemenang : Prof. Dr. Ketut Buda Artana, S.T., M.Sc. (ITS)

Runner up : Prof. Dr. Muchlisin Z.A, S.Pi, M.Sc (Unsyiah)

  1. Bidang Pertanian

Pemenang : Prof. Dr. Ir. Siti Subandiyah, M.Agr.Sc. (UGM)

Runner up : Prof. Dr. Enos Tangke Arung (Unmul)

  1. Bidang Kesehatan

Pemenang : Prof.Dr. Daryono Hadi Tj. Apt.,M.Sc.Eng. (ITB)

Runner up : Prof. Dr. Cita Rosita Sigit Prakoeswo dr.,Sp.KK(K),FINSDV (Unair)

  1. Kategori Dosen dengan Tugas Tambahan Rektor
  2. Dosen dengan Tugas Tambahan Rektor PTN-BH

Pemenang : Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., D.Eng. (UGM)

Finalis Kedua : Dr. Arif Satria (IPB)

  1. Dosen dengan Tugas Tambahan Rektor PTN BLU

Pemenang : Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc., DEA (Unsrat)

Finalis Kedua : Prof. Drs. H. Ganefri, M.Pd., Ph.D. (UNP)

  1. Dosen dengan Tugas Tambahan Rektor PTS

Pemenang : Prof. Dr . Ir. Agustinus Purna Irawan, S.T., M.T. (Untar)

Finalis Kedua : Prof.Dr.H. Edi Setiadi,SH.,MH. (Unisba)

3.Kategori Pemimpin Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL-Dikti)

Pemenang: Dr. Ir Suprapto, DEA (LL-Dikti Wilayah VII Jawa Timur)

Finalis Kedua: Dr. Ir. Illah Sailah, M.S (LL-Dikti Wilayah III DKI Jakarta). (*/tie)

Tags

Related Articles

Close
Close