PASBANDUNG

Relawan Bersihkan Sampah Alun-alun Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM  – Volume sampah di Alun-alun Kota Bandung meningkat drastis selama musim libur Lebaran. Bahkan, hari ini masih banyak pengunjung di lokasi dan membuat volume sampah tetap ‘konsisten’.

Hal itu membuat puluhan relawan dari berbagai komunitas di Kota Bandung tergerak, di antaranya Sahabat Uncle Teebob dan Celah-celah Langit. Mereka hari ini melakukan aksi bersih-bersih Alun-alun Kota Bandung.

Dengan menggunakan kantong sampah plastik berukuran besar, mereka memunguti sampah yang berserakan di sekitar lokasi. Mereka menyebar ke berbagai titik agar sampah-sampah yang ada bisa dibersihkan.

Pengunjung di lokasi juga diajak terlibat melakukan aksi bersih-bersih. Hasilnya, cukup banyak pengunjung yang mau terlibat.

Kolaborasi apik pun tersaji di lokasi. Banyak yang bahu-membahu membersihkan Alun-alun Kota Bandung dari sampah yang berserakan.

“Kegiatan ini sudah empat tahun kita lakukan,” kata Uncle Teebob, salah seorang penggagas kegiatan, Senin (10/9/2019).

Biasanya, aksi bersih-bersih dilakukan berbagai komunitas itu saat masa libur Lebaran. Hal itu sengaja dilakukan karena volume sampah di lokasi sekitar meningkat berkali-kali lipat saat libur Lebaran.

Itu karena pengunjung di sana meningkat drastis. Mirisnya, selalu ada saja pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Sehingga, perlu upaya bersama untuk membersihkankannya.

“Hal-hal seperti ini (membersihkan sampah) bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tapi kita sebagai masyarakat umum juga punya tanggung jawab,” jelas Uncle Teebob.

Kegiatan bersih-bersih itu pun diharapkan membuat publik semakin sadar untuk menjaga kebersihan lingkungan. Bahkan, ia berharap semangat itu juga menular pada warga di daerah lain. (ors)

Tags

Related Articles

Close