PASBANDUNG

Sampah di Bandung Naik 200 Ton Perhari

BANDUNG, PASJABAR.COM — Produksi sampah di Kota Bandung meningkat, dari yang sebelumnya hanya 1500 ton per hari, kini meningkat hingga 1700 ton per hari.
“Kenaikan ini, lantaran penduduk Kota Bandung juga bertambah,” ujar Direktur Umum PD Kebersihan Kota Bandung, Gungun Saptari Hidayat, kepada wartawan Kamis (15/11/2018).
Karenanya, lanjut Gungun, kini Pemkot Bandung menggunakan berbagai cara untuk menyosialisasikan gerakan Kurangi, Pisahkan dan Manfaatkan (Kangpisman).
“Selain kita menjangkau dengan langsung melalui sosialisasi lewat kewilayahan, kita juga akan membuat sosial media khusus,” tambah Gungun.
Sosial media yang disiapkan antara lain instagram, Facebook, Twitter dan website yang kini tengah dalam penyempurnaan.
Selain itu, PD Kebersihan juga akan membuat Watsapp senter, yang rencananya akan segera di launcing.
“Lewat aku sosial media ini, masyarakat bisa mengetahui berbagai hal mengenai persampahan, termasuk data bank sampah di Kota Bandung. Juga jika ada kuis atau sayembara yang kami selenggarakan,” terangnya.
Sebenarnya, lanjut Gugum, Kota Bandung sudah lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya, jika dilihat dari segi persampahan.
“Namun, karena jumlah penduduknya bertambah ya otomasis produksi sampah juga bertambah,” terangnya.
Ke depan, Gugun berharap bisa memberi honor para petugas sampah. Sehingga mereka tidak hanya mengangkut sampah, tapi juga memilah.
“Tapi kan itu semua terbentur anggaran. Jadi kita belum bisa memastikan apa bisa atau tidak direalisasikan,” ujarnya. (put)

Tags

Related Articles

Check Also

Close
Close