HEADLINEPASPENDIDIKAN

SMK Pasundan 2 Banjaran Siapkan Siswa Mampu Bersaing di Era Globalisasi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMSalah satu sekolah di bawah lingkup Yayasan Pendidikan Dasar, Menengah (YPDM) Paguyuban Pasundan, yang hingga kini banyak diminati siswa se-Jawa Barat adalah SMK Pasundan 2 Banjaran.

Sekolah yang beralamat di Jl. Stasiun Timur No. 62 Banjaran 40377-Kab. Bandung ini menjadi salah satu sekolah swasta favorit di lingkungan Banjaran dan Kab Bandung serta Jawa Barat.

Kepala SMK Pasundan 2 Banjaran Drs. Agus Jumaedi, M.Si mengatakan, jika sekolahnya memang menjadi salah satu sekolah swasta di Jabar yang banyak diminati, bahkan saat ini ada 1500 peserta didik di sekolahnya.

“Sekolah kami akreditasinya A, dan memang memiliki berbagai keunggulan dibidang studinya. Hampir sebagian lulusan kami bisa diserap oleh perusahaan dan sebagian lagi melanjutkan ke pendidikan tinggi,” tuturnya kapada Pasjabar, di sekolahnya beberapa waktu lalu.

Agus mengatakan sekolahnya memiliki visi mempersiapkan siswa menjadi tenaga kerja tingkat menengah sebagai teknisi muda yang beriman, berkecakapan dan mampu bersaing di era globalisasi,” paparnya.

Sekolah yang berdiri Tahun 1987 ini awal pembentukan sekolah swasta dengan nama STM Pasundan Banjaran. Dengan membuka 2 jurusan yaitu Teknik Listrik dan Teknik Mesin. Dan di Tahun 1996  berubah nama dari STM Pasundan Banjaran menjadi SMK Pasundan Banjaran. Dengan membuka 3 program keahlian yaitu Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik, Teknik Mesin Perkakas dan Teknik Mekanik Otomotif. Lalu di Tahun 2003 kembali berubah menjadi SMK Pasundan Banjaran menjadi SMK Pasundan 2 Banjaran.

“Sekarang sekolah sudah Akreditasi IV dengan peringkat “A” untuk kompetensi keahlian, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Pemesinan, Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik Komputer & Jaringan dan Teknik Sepeda Motor,” tutur Agus.

Berbagai prestasi dicatatkan sekolah ini, selain langganan juara di bidang Paskibra dan Pramuka, belum lama ini juga meraih prestasi di LKS 2019 dan juga lomba karya ilmiah tingkat SMK.

Agus juga menyebutkan jika SMK Pasundan 2 Banjaran memiliki misi mengembangkan pendidikan agama Islam sehingga dapat mengintegrasikan IMTAQ dan IPTEK serta budi pekerti, mengembangkan pendidikan intelektual dan teknologi atau keterampilan lain untuk penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi agar dapat terserap sebagai tenaga kerja yang handal, dapat menciptakan bidang usaha sendiri (wirausaha) mampu belajar mandiri dalam menyerap arus informasi IPTEK yang makin deras dan mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Mengembakan pendidikan humanistic yang menegaskan perkembangan peserta didik, kecerdasan emosional, nilai – nilai moral, spiritual dan religius.

“Dan misi kami terkahir yakni menggali, menggembangkan dan melestarikan bidaya Sunda yakni Bahasa, kesenian dan sejarahnya,” papar Agus. (tie)

 

 

 

Tags

Related Articles

Close