HEADLINEPASDUNIAPASPENDIDIKAN

Tak Cukup Riset, Unpas Ingin Jadi Kampus Enterpreneur

BANDUNG, PASJABAR.COM – Universitas Pasundan (Unpas) saat ini tak cukup hanya menjadi kampus riset saja, namun Unpas akan mulai mengarah kepada kampus entrepreneur.

Hal tersebut diungkapkan Rektor UNPAS, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom usai menghadiri Seminar Internasional One Asia Community 2019 di Aula Unpas IV, Jalan Setiabudhi, Bandung, Rabu (6/3/2019).

“Kedepan orientasi kampus bukan hanya menjadi university riset, namun harus mulai dihilirkan menjadi entrepreneur university. Itu dikarenakan saat ini bukan hanya penemuan, namun inovasi dan juga bagaimana menerapkannya menjadi penting dalam hasil penelitian itu,” ujar Eddy.

Dijelaskannya, saat ini kampus perlu menguatkan vokasi, sehingga tidak ada lagi anggapan menjadi seorang entrepreneur itu tidak perlu pendidikan tinggi.

“Saat ini ada anggapan kalau menjadi entrepreneur itu tidak usah pendidikan tinggi. Padahal kalau kita lihat yang berhasil menjadi pengusaha tapi tidak pendidikan tinggi itu paling hanya satu persennya saja. Oleh karenannya pendidikan tetaplah penting,” ujarnya.

Oleh karenananya Unpas cukup bangga saat One Asia Foundation memilih kampus Unpas sebagai salah satu kampus dalam menguatkan vokasi melalui seminar internasional One Asia Community. Pasalnya di jelaskan Eddy di Indonesia baru tiga kampus yang didatangi One Asia Foundation yakni ITB dan Unpas.

“Dan sekarang Unpas yang ketiga dan pertama di kampus swasta yang dipilih One Asia Fondation. Dan Agustus mendatang kami akan mengikuti perkumpulan seluruh kampus di Asia yang disenggarakan di Korea Selatan menindak lanjuti seminar One Asia Community di seluruh Asia,” ungkapnya.

Seminar One Asia Community 2019 bertema Strengthening Enterpreneurship in Asian Community, yang menghadirkan Chairman of One Asia Foundationa Japan, Yoji Sato.

Dalam seminar itu membahas tentang bagaimana perguruan tinggi menguatkan pendidikan vokasional dan kewirausahaan, sebagai cara berkompetisi di Asia dan dunia khususnya dalam kebutuhan industri saat ini. (tie)

Tags

Related Articles

Close