HEADLINEPASDUNIAPASNUSANTARA

Tak Mau DIakui Orang Lagi, Hari Ini Google Doodle Pasang Batik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Google doodle, hari ini ikut merayakan Hari Batik Nasional Rabu (2/10/2019). Google Doodle menampilkan batik yang didominasi warna biru dengan campuran warna oranye dan putih yang dibuat oleh seniman Lydia Nichols.

Batik merupakan kebudayaan asli Indonesia, beberapa waktu lalu Batik sempat akan diakui milik Malaysia, namun berbagai hasil penelitian tetap menyebutkan jika Batik merupakan karya Indonesia.

Google Doodle hari ini merayakan dan dibuat menggunakan Batik, sebuah teknik untuk mendekorasi kain menggunakan lilin dan pigmen untuk menciptakan pola yang kompleks dan berwarna-warni. Pengrajin batik menutupi kain dengan desain lilin, menambahkan pewarna, dan akhirnya menghapus lilin untuk mengungkapkan pola di bawahnya. Mengulangi proses dengan pewarna yang berbeda dapat menciptakan desain yang rumit dan berlapis-lapis untuk menghiasi tekstil dan pakaian,” kata Google pada laman resminya.

Google mengungkapkan Indonesia telah dikenal dengan kerajinan Batik sejak abad ke-4 atau ke-5, dan telah dikatakan bahwa teknik dan desain pewarna batik Indonesia sama banyaknya dengan pulau-pulau di sekitarnya. Desain dan warna bervariasi sesuai dengan desa dan kelompok etnis yang tersebar di berbagai pulau.

Lebih lanjut, Hari Batik Nasional ditetapkan pada 2 Oktober untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

UNESCO secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia. Selamat Hari Batik. (*)

 

Tags

Related Articles

Close
Close