PASPENDIDIKAN

Tel-U Kampus Pertama di Indonesia Gunakan Command Center

*) Ingin Civitas Akademika Aman Saat di Kampus

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMSebagai upaya menjaga kemanan dan kenyamanan kampus, Telkom University (Tel-U) memanfaatkan teknologi melalui program Command Center. Bahkan Tel-U mencatatkan diri sebagai kampus pertama yang menggunakan command Center di ruang kampus.

Peluncuran Command Center sendiri dilaksanakan bersamaan dengan peluncuran program aplikasi Halo Rektor di Gedung Rektorat Kampus Tel U, Kamis (24/5/2019) malam.

Rektor Telkom University, Prof Adiwijaya mengungkapkan keberadaan Command Center diharapkan bisa membuat civitas akademika mendapatkan keamanan dan kenyamanan secara utuh selama berada di kampus.

“Salah satu aplikasi di command center melalui perangkat panic button yang bisa digunakan untuk meminta bantuan. Karena saat ini patroli keamanan saha tidak cukup, dengan aplikasi panic button, semua orang bisa akses dan minta bantuan dan langsung dikirim ke lokasi terkait,” ujarnya.

Ia menyebutkan jika Command Center yang diluncurkannya menjadi yang pertama di kampus yang ada di Indonesia.

“Insyallah jadi pertama, (tapi) bukan untuk pertama tujuannya tapi memberikan keamanan dan kenyamanan warga kampus. Orang tua yang menyekolahkan anaknya disini akan lebih tenang,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Logistik Telkom University, Nurwijayadi mengatakan alasan kampus membuat Command Center karena memiliki area mencapai 50 hektar. Dengan jumlah bangunan mencapai 31 dan belum termasuk asrama. Serta tempat parkir untuk mobil dan motor sebanyak 5 area yang ada.

Selain itu, menurutnya, jumlah mahasiswa saat ini mencapai 30 ribu orang. Ditambah dengan staf dan dosen mencapai kurang lebih 1000 orang. Tidak hanya itu, terdapat 7000 orang mahasiswa yang tinggal di asrama.  “Ini menjadi pertimbangan penting,” katanya.

Sementara itu prihal aplikasi Halo rektor, Adiwijaya mengatakan aplikasi tersebut bisa digunakan civitas akademika untuk menyampaikan keluhannya dan masukannya kepada kampus sebagai cara meningkatkan perbaikan fasilitas dan pelayanan. (tie)

 

Tags

Related Articles

Close