HEADLINEPASJABAR

Uniknya Pakaian Emil dan ASN dalam Peringatan HUT ke-74 Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMPeringatan HUT ke-74 Jawa Barat digelar di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Senin (19/8/2019). Ada keunikan yang tersaji dalam kegiatan itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan ASN yang jadi peserta upacara tampil dengan mengenakan pakaian adat seperti tradisi sebelum-sebelumnya.

Emil, sapaan Ridwan Kamil, memakai beskap Sunda berwarna putih. Ia juga memakai bendo alias penutup kepala dengan motif batik. Sedangkan ribuan ASN di lokasi tampil dengan baju adat khas daerah masing-masing.

“Semoga peringatan hari bersejarah ini dapat mengingatkan kita kembali kepada apa yang telah, sedang, dan akan kita sumbangkan bagi Provinsi Jawa Barat, terutama dalam mewujudkan kehidupan Jawa Barat Juara yang lebih maju dan berkeadilan,” kata Emil dalam pidatonya.

Ia lalu mengungkap sejarah 74 tahun lalu saat Jawa Barat resmi menjadi provinsi melalui hasil sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Saat itu, ada delapan provinsi yang ditetapkan. Selain Jawa Barat, provinsi itu adalah Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, Borneo, Sulawesi, Maluku, dan Sunda Kecil.

Berbagai perkembangan Jawa Barat pun dipaparkan Emil. Saat ini, Jawa Barat sudah menjelma jadi pusat industri, pendidikan, ekonomi kreatif, inovasi, hingga pariwisata.

“Jawa Barat hari ini merupakan provinsi terbesar penduduknya dengan 48,7 juta jiwa dan diprediksi pada tahun 2021 akan mencapai 50 juta. Tantangan terbesar kami sebagai penyelenggara negara adalah memberikan pelayanan optimal terhadap warga Jawa Barat yang jumlahnya satu setengah kali penduduk Malaysia,” tuturnya.

Ia juga mengungkap berbagai pencapaian Jawa Barat dalam beberapa tahun, termasuk pencapaian gubernur sebelumnya. Ia pun memaparkan beragam program yang sedang dikerjakan di masa kepemimpinannya.

Dalam pidatonya itu, Emil kembali membumbuinya dengan pantun. Hal itu pernah dilakukannya pada peringatan HUT ke-71 pada Sabtu (17/8/2019) lalu.

“Belanja ikan sepat dan ikan asin, di Pasar Ujungberung bersama Ibu Atalia. Jawa Barat pasti juara lahir batin, karena didukung masyarakat yang bahagia,” tutur Emil yang disambut tawa dan tepuk tangan warga di lokasi.

Di sela upacara, Emil membagikan penghargaan dan hadiah kepada puluhan orang yang menciptakan berbagai inovasi serta berprestasi. Selain itu, ia juga mengundi hadiah dari Bank Jabar Banten (bjb) untuk para ASN di lingkungan Pemprov Jawa Barat.

Total ada lima mobil, lima paket umrah, 45 sepeda motor, serta 15 tabungan masing-masing Rp5 juta. Setelah pengundian, Emil melanjutkan rangkaian peringatan HUT ke-74 Jawa Barat dengan mengikuti Rapat Paripurna di DPRD Jawa Barat. (ors)

Tags

Related Articles

Close
Close