HEADLINEPASDUNIAPASKREATIFPASPENDIDIKAN

Unpas Gelar Farewell Party Joint Volunteer Service untuk Chonbuk National University

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Universitas Pasundan (Unpas) mengadakan Farewell party joint volunteer service Pasundan University (UNPAS) and Chonbuk National University Korea Selatan pada Kamis (11/7/2019) di gedung Mandala Saba R. Otto Iskandar Dinata, kampus UNPAS Jl. DR. Setiabudhi No.193, Kota Bandung.

Rektor Unpas Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom, mengungkapkan bahwa kegiatan ini bukan hanya untuk mempererat tali silaturahmi antara Chonbuk National University dan Unpas, tapi juga kedua negara yaitu Indonesia dan Korea Selatan.

“Kita ketahui bahwa saat ini Korea Selatan adalah negara maju, bahkan bisa dikatakan bahwa Korea Selatan adalah macan asia. Oleh karena itu semangat, disiplin, serta kemajuannya perlu kita tiru. Agar bisa bersama-sama menjadi macan asia yang tidak hanya hebat dalam bidang ekonomi namun juga berbagai bidang lainnya,” tandasnya.

Prof Eddy juga berterimakasih untuk semua pihak yang telah bekerjasama untuk suksesnya pelaksanaan volunteer antara Chonbuk National University dengan Universitas Pasundan.

“Kedepannya kita akan terus melakukan pertukaran, semoga hubungannya akan semakin baik dan banyak membawa dampak positif,”ungkapnya.

Sementara itu, koordinator acara join volunteer student unpas dan chonbuk university, Dadang Bainur menjelaskan bahwa kegiatan volunteer ini diikuti oleh 20 mahasiswa Korea Selatan berserta dua dosen yang berlangsung dari tanggal 1-12 Juli 2019.

“Acara pada hari ini merupakan pelepasan para mahasiswa Chonbuk National University yang melakukan kegiatan volunteer di SMK Maha Putra di Desa Sukamukti Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung,  dengan kegiatan mengajar berbagai materi, memberikan baksos, mendampingi masyarakat miskin, memberikan santunan dan lainnya,” jelasnya.

Dadang melanjutkan bahwa kerjasama dengan Chonbuk National University sudah berlangsung sejak tahun 2016, dan biasanya Chonbuk mengirimkan mahasiswanya dua kali dalam setahun sementara Unpas sekali dalam setahun.

“Sudah ada 175 mahasiswa dari Chonbuk National University yang hadir kesini, sementara mahasiswa Unpas yang sudah diberangkatkan sekitar yang  50 mahasiswa, tentu hal ini sangat baik  mengingat bahwa Chonbuk masuk ke dalam sepuluh universitas terbaik di Korea Selatan,”  tandasnya.

Dadang berharap bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas mahasiswa di bidang akademik, memperluas relasi, belajar beradaptasi dengan orang asing, bertukar bahasa dan menjalin kedekatan emosional antar mahasiswa untuk semakin berprestasi. (Tan)

Tags

Related Articles

Close
Close