HEADLINEPASPENDIDIKANTOKOH

Wawan Herdiwan : Didik Siswa Miliki Karakter Jujur,  Tekun dan Pemberani

*) Kepala SMA Pasundan 7 Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Berangkat dari motto “Hidup harus bisa bermanfaat untuk orang lain dan selalu berbuat baik untuk menuju benar,” membuat Kepala SMA Pasundan 7 Bandung, Drs. H Wawan Herdiwan. MM. Senantiasa mengisi waktunya untuk hal-hal yang membangun, salah satunya mendedikasikan diri sebagai guru.

“Ayah dan ibu saya adalah seorang guru, oleh karena itu, sejak kecil saya dan kelima saudara saya sudah terbentuk untuk memiliki keinginan menjadi guru juga.  Terlebih kedua orang tua pun selalu mendukung dan menitikberatkan untuk fokus pada dunia pendidikan,” jelas anak kedua dari enam bersaudara.

Pria kelahiran Bandung, 26 September 1961 ini juga bercerita bahwa ia mulai mengajar pada tahun 1980 di SMP Pasundan 4 Bandung, SMP Pasundan 9 dan SMA Pasundan 6 Kota Bandung. Untuk kemudian diangkat menjadi PNS pada tahun 1983 dan mengajar di SMAN Talaga, Majalengka hingga tahun 1985. Selanjutnya ia pindah ke SMA Pasundan 3 Bandung dan sejak Januari 2019 ini menjadi Kepala Sekolah SMA Pasundan 7 Bandung.

“Bagi saya mendidik itu adalah ibadah, pendidikan tiada batasnya untuk memberikan ilmu dengan ikhlas. Belajar untuk melatih kesabaran, menghadapi karakter siswa yang beranekaragam,” jelas ayah dari satu orang anak.

Lulusan  S1 Managemen IKIP Bandung tahun 1982 dan S2 Managemen STIE Pasundan tahun 2006 ini pun mengungkapkan bahwa nilai-nilai yang diterapkan kepada siswanya adalah nilai-nilai kejujuran, bagaimana siswa bukan hanya memiliki kecerdasan secara intelektual dan pengembangan skill, tapi siswa juga dapat memahami falsafah kehidupan dengan baik.

“Memiliki karakter yang tekun, sabar, bersikap tenang dalam menghadapi persoalan, berpikir positif  adalah hal-hal yang coba ditekankan, kejujuran merupakan langkah awal menuju kebahagiaan  dari sendiri dan memberikan kebaikan untuk hidup mereka kedepan,”  ulasnya.

membuat Kepala Sekolah SMA Pasundan 7 Bandung, Drs. H Wawan Herdiwan. MM. (ist)

Selain pengembangan budi pekerti,  siswa juga harus ditunjang kemampuan teknologi informasi, sebab dengan kemampuan di bidang digital, ikut mendorong kreatifitas siswa.

Dosen di Mata Pelajaran Budaya Sunda dan Ilmu Sosial Budaya Dasar di STIE Pasundan dan guru seni budaya di SMA Pasundan 7 ini juga menambahkan bahwa pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk kemajuan bangsa, karena dengan SDM yang mumpuni akan lahir inovasi dan perubahan untuk semakin memakmurkan dan mensejahtrakan.

“Tingkat pendidikan yang tinggi akan membawa pada kehidupan dan pekerjaan yang layak, ruang menjadi terampil, belajar bersosialisasi, berkomunikasi dan mental yang pemberani dalam bertindak,” tandasnya.

Terakhir Wawan juga berharap bahwa ia dapat menjadi guru yang dapat membina siswa-siswinya menjadi penerus bangsa yang berbudaya, beragama dan memiliki moralitas yang baik, sebagaimana visi dari Paguyuban Pasundan, yaitu luhung elmuna, jembar budayana, pengkuh agamana. (Tan)

Tags

Related Articles

Close