Categories: HEADLINEPASJABAR

Keindahan Bunga di Seluruh Dunia Ada di Taman Ini

ADVERTISEMENT

CIANJUR, PASJABAR.COM — Jika anda berkunjung ke Cianjur, rasanya kurang mantap jika tidak singgah di salah satu kawasan wisata populer yang selalu ramai, baik di hari biasa maupun di hari libur, ini.

Yaitu “Taman Bunga Nusantara” yang dikelola oleh PT Usaha Bunga Nusantara yang terletak di jalan Mariwati KM 7 Desa Kawungluwuk Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur 43254 Jawa Barat.

Kawasannya yang luas, sejuk, rimbun dan indah membuat pengunjung tidak bosan untuk berada di sana selama seharian.

Salah satunya adalah Ria (24) pengunjung asli Cianjur yang memang menjadikan Taman Bunga Nusantara sebagai tujuan wisata favoritanya setiap pergi berlibur.

“Kawasannya bagus sekali, banyak bunga indah dan kita bisa melihat taman-taman di seluruh dunia di sini, biasanya saya dari pagi hingga menjelang tutup berkeliling karena memang luas dan banyak spot foto yang bagus, selfie dimanapun hasilnya bagus,”  ungkapnya.

Sementara itu Lissa (24) pengunjung asal Bandung yang baru pertama kali singgah ke Taman Bunga Nusantara juga mengungkapkan kegembiraannya bisa berkunjung ke tempat ini.

“Ketika  baru di pintu depan saya sudah terpesona, banyak bunga-bunga cantik yang memanjakan mata, bersih, rapih dan indah, benar-benar membuat betah,” komentarnya.

Lissa juga berkata bahwa objek yang paling menarik untuknya adalah Topiari Merak.

Topiari merak sendiri merupakan topiari terbesar yang ada di Taman Bunga Nusantara, dibutuhkan kurang  lebih 25.000 tanaman berbunga untuk mengisi topiari, sementara untuk display karpet dibutuhkan kurang lebih 60.000 tamanam berbunga. Dan bentuk juga warna bunga yang membentuk pola topiari dan display karpet ini selalu berubah setiap 2 atau 3 bulan.

Mengenai sejarah Taman Bunga Nusantara adalah merupakan aset nasional dengan skala internasional yang diresmikan oleh presiden ke dua Republik Indonesia Soeharto pada tanggal 10 September 1995. Luas keseluruhan 35 hektar dilengkapi dengan areal bermain keluarga Alam Imajinasi 7 hektar serta villa Wisma Saung Nini dan Gedung Serbaguna Saung Aki seluas 5 Hektar.

Adapun keunikan dari Taman Bunga Nusantara adalah maskot angs hitam atau “Cygnus Attratus” yang merupakan unggas asal australia memiliki daya tahan tubuh yang sangat kuat, mudah beradaptasi dengan lingkungan dan berkembang biak sangat pesat meskipun di luar habitat aslinya. Dengan ciri khas tersebut diharapkan taman bunga nusantara untuk selalu dapat berinteraksi secara harmonis dengan masyarakat luas serta dengan lingkungan baik flora maupun fauna.

Ragam taman air yang indah dan menarikpun ikut ditampilkan dalam bentuk lotus, Teratai Air, dan tanaman khas dari Amerika Selatan seperti teratai raksasa Victoria Amazonica, dan tanaman air seperti pisang atau Giant Arum.

Beberapa Taman dari berbagai belahan dunia meliputi Taman Jepang, Taman Amerika, Taman Perancis, Taman Palem, Taman Bali, Taman Mediterania, Taman Labyrinth dan lainnya.

Terdapat pula rumah kaca yang berisi keindahan tropis dengan tatanan bunga yang indah di rumah kaca seluas 2.000 m2, yang dingangun oleh tenaga ahli Belanda pada tahun 1994 dengan jumlah panel kaca sebanyak 3.000 unit.

Disamping itu, ragam unggas seperti Mute Swan, atau Angsa Putih yang konon dulu diperkenankan hanya boleh dipelihara oleh bangsawan Inggris. Ada juga Black Swan perlambang cinta abadi, juga Black Necked serta unggas lain dan ribuan ikan jinak yang terdapat di danau.

Tak ketinggalan ada Dahlia Corner tempat gedung pertemuan dan fasilitas untuk acara gathering bernuansa taman Dahlia yang berasal dari tanaman Dahlia lokal dan impor serta dapat mencicipi menu khusud yang disedikan hanya pada akhir pekan dan hari libur.

Fasilitas taman lainnya adalah Dotto Train, Menara Pandang, Wira Wiri, Lokasi Piknik, Marigold Cafe and Hana Resto, Garden Tram, Albustan Resto & Coffee Shop.

Jam operasional ada pasa hari Senin-Jum’at dari pukul 08:00-17:00 WIB dan Sabtu,Minggu serta Hari Libur Nasiobal dari pukul 08:00-17:30 WIB.

Harga tiket bervariasi tergantung domisili, bagi anda yang tinggal di Cianjur dan Kawasan Jawa Barat mendapatkan potongan khusus. (Tan)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Main Perdana Timnas U-20 Langsung Puncaki Klasemen Libas Maladewa 4-0

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Main perdana Grup F kualifikasi Piala Asia U-20 2025, Timnas Indonesia U-20…

38 menit ago

Hari Pertama Kampanye, Ronald Surapradja Sapa Warga Cimahi

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Calon Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 2, Ronald Surapradja, memulai masa…

3 jam ago

Mensos Tinjau Penyaluran Bantuan Korban Gempa Bandung Barat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Menteri Sosial Saifullah Yusuf melakukan kunjungan kerja ke posko utama penanganan gempa…

4 jam ago

BRIN Jelaskan Fenomena ‘Bulan Kembar’: Bukan Bulan Kedua, Hanya Asteroid

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin, menjelaskan fenomena…

5 jam ago

STKIP Pasundan Cimahi Penyumbang Atlet, Medali Terbanyak Jabar Hattrick PON

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – STKIP (Sekolah Tinggi Kependidikan dan Ilmu Pendidikan) Pasundan Cimahi, menjadi kampus penyumbang…

6 jam ago

Bobotoh Persib Kompak Keluarkan Pernyataan Sikap

  BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sejumlah organisasi Bobotoh Persib kompak mengeluarkan pernyataan sikap bersama menyikapi persoalan…

6 jam ago