Categories: PASPENDIDIKAN

Munas Formatani 2019 Akan Digelar di UIN Bandung

ADVERTISEMENT

BANDUNG, PASJABAR.COM — Musyawarah Nasional Forum Mahasiswa Agroteknologi/Agroekoteknologi 2019 atau MUNAS FORMATANI 2019 akan diadakan pada tanggal 1-7 Maret 2018 di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Jl. A.H. Nasution No.105 Bandung.

Acara yang diselenggarakan oleh mahasiswa Agroteknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung Inipun mengambil tema ANGKLUNG AING atau “Asup Ngalingkup Ka Sabilulungan Keur Argiculturegkup Ka Sabilulungan Keur Argiculture In Next Generation”

Steering Committee ANGKLUNG AING Yusuf Hadi Nugraha mengungkapkan bahwa kegiatan ini mengangkat tema Diskusi Nasional, Musyawarah Nasional dan Rapat Koordinasi Nasional V Forum Mahasiswa Agroteknologi/Agroekoteknologi Indonesia.

“Hal yang akan diulas dalan kegiatan ini adalah Smart Farming yaitu salah satu solusi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pertanian perkotaan,” jelasnya.

Smart farming juga merupakan upaya pemanfaatan teknologi informasi dalam melakukan proses pelaksanaan untuk mencapai target yang ditetapkan. Sedangkan bedanya adalah dalam lingkup kegiatan yang dilakukan. “E-commerce” pada umumnya melakukan transaksi jual-beli, tetapi dalam “smart farming” menampilkan informasi tentang peta dan data yang lebih kompleks terutama segala sesuatu yang diperlukan oleh petani dalam melaksanakan kegiatan sehari -hari sehingga mempermudah, mempercepat, meningkatkan ketepatan sasaran serta mempercepat proses.

“Misalnya saja petani sangat memerlukan informasi cuaca setiap saat karena dalam melakukan pengambilan keputusan terhadap pemilihan bibit, budidaya, penanggulangan hama memerlukan informasi suhu dan cuaca akurat,” ulasnya.

Adapun rangkaian kegiatan ini adalah penyampaian LPJ badan ekskutif pusat (BEP) sekretaris jendral formatani, Musyawarah pemilihan sekretaris jenderal Formatani periode 2019-2021, Menjalin silaturrahmi antar mahasiswa agroteknologi/agro ekoteknologi se Indonesia.

“Disamping itu, kegitan ini juga merupakan wadah aspirasi  mahasiswa agroteknologi/agroekoteknologi untuk masa depan Indonesia,” ulasnya.

Ada pula Pemilihan tuan rumah rapat kerja nasional periode 2019-2021, Seminar Nasional yang diikuti oleh Mahasiswa/i dan Dosen, Melaksanakan LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah) dan pelaksanakan Field Trip.

Untuk pendaftaran delegasi munas membuka link bit.ly/munasformatani2019.  Sementara itu untuk pendaftaran LKTI bisa buka link bit.ly/LKTINBANDUNG. (Tan)

Yatti Chahyati

Recent Posts

Kang Arfi-Teh Yena Sudah Susun Banyak Program Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, Arfi Rafnialdi-Yena Iskandar…

2 jam ago

ITB Minta Mahasiswa Penerima Beasiswa Kerja Paruh Waktu

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Penerima beasiswa kerja , sepertinya mahasiswa penerima beasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB)…

2 jam ago

Lima Pjs Bupati Baru Dilarang Buat Program Baru oleh Gubernur Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Lima Pjs Bupati dilarang membuat program baru oleh Pj Gubernur Jabar Bey…

3 jam ago

Polda Jabar Usut Insiden Pengeroyokan Steward oleh Suporter Usai Laga Persib vs Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Polda Jawa Barat mengonfirmasi adanya insiden penganiayaan yang diduga dilakukan oleh sejumlah…

4 jam ago

Kualifikasi Piala Asia U-20, Timnas Indonesia Siap Tempur di Grup F

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pelatih timnas U-20 Indonesia, Indra Sjafri, optimistis bahwa timnya mampu meraih kemenangan…

5 jam ago

Begini Sikap Ketum PSSI Erick Thohir soal Kericuhan Bobotoh

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ketua Umum PSSI Erick Thohir buka suara menanggapi kericuhan yang terjadi di…

6 jam ago