Categories: PASBISNISPASJABAR

Jabar Ciptakan Kawasan Futuristik

ADVERTISEMENT

BANDUNG, PASJABAR.COM – Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat bangun Kawasan futuristic, yakni Kawasan yang menggabungkan tiga pelabuhan dan bandara yaitu Patimban, Kertajati dan Cirebon.

Kawasan tersebut nantikan akan khusus diberi nama Segitiga Rebana (Cirebon, Patimban, Kertajati). Nantinya, segitiga ini akan menjadi kawasan yang paling maju dan futuristik di Jawa Barat.

Hal tersebut diutarakan Gubernur Jabar Ridwan Kamil usai Rapat Pimpinan bersama kepala OPD di Gedung Sate Bandung, Senin (11/2/2019).

“Kita akan segera merilis kawasan Segitiga Rebana, Cirebon-Patimban-Kertajati, ini akan menjadi kawasan paling maju dan futuristik di masa depan,” ujar Emil, panggilan Gubernur.

Pihaknya masih mengkaji luas keseluruhan kawasan Segitiga Rebana. Namun Emil menyebut, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati merupakan batas paling selatan, batas utaranya Pelabuhan Patimban dan timurnya yaitu Pelabuhan Cirebon.

“Luas area segitiganya masih dikaji pokoknya perbatasannya dari Kertajati di selatan, ke utaranya Pelabuhan Patimban dan ke timurnya Pelabuhan Cirebon,” jelasnya.

Bila Segitiga Rebana ini sudah terealisasi, Emil meminta semua industri padat karya di sepanjang DAS Citarum untuk pindah ke kawasan tersebut. Ia pun sudah berkoordinasi dengan ketua Apindo Jabar dan bertemu dengan para pengusaha beberapa waktu lalu terkait hal itu. Dengan begitu maka akan berdampak pada hilangnya pencemaran limbah di DAS Citarum.

“Jadi industri-industri khususnya padat karya akan dipindahkan kesana dan kita sudah bicara dengan Apindo, jadi pabrik-pabrik sepanjang Citarum akan dipindah kesana,” terang Emil.

Kawasan Segitiga Rebana ini juga akan diupayakan menjadi Special Economic Zone atau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Sehingga anggaran akan didukung penuh oleh APBN. Hal inipun akan mempermudah pada proses perizinan industri dan perpajakan.

“Akan kami perjuangkan menjadi KEK sehingga (penggunaan) APBN, perizinan, perpajakan bisa jauh lebih baik dan menguntungkan. Kami perkirakan Ribuan industri pindah ke segitiga itu,” ujarnya.

Direncanakan, Segitiga Rebana akan terwujud pada tahun 2021.

“Tahun ini kita mulai studi perencanaan, konstruksinya kemungkinan tahun depan sehingga di tahun ketiga sudah mulai,” kata Emil. (*/tie)

 

 

Yatti Chahyati

Recent Posts

Paul Munster Kecewa Usai Dikalahkan Persib

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lawatan Persebaya Surabaya ke Bandung berakhir sia-sia. Pelatih Persebaya Paul Munster pun…

6 jam ago

Cawagub Ilham Habibie Blusukan di Cimahi

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ilham Habibie blusukan menemui masyarakat Kota Cimahi,…

6 jam ago

Raih Kemenangan, Persib Bandung Pantang Besar Kepala

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung kembali raih kemenangan. Persebaya Surabya pun jadi korbannya setelah dilumat…

6 jam ago

Sempat Terkapar, Begini Kondisi Terkini Tyronne del Pino

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino jadi salah satu pusat perhatian di laga Persib Bandung…

6 jam ago

Bojan Hodak Bongkar Kunci Persib Kalahkan Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung mendulang kemenangan atas Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2024/2025.…

7 jam ago

Foto BRI Liga 1 Persib Bandung Vs Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Absennya bobotoh di Stadion Si Jalak Harupat tidak memengaruhi kinerja Persib Bandung.…

8 jam ago