HMCH STKIP Wadah Keaktifan dan kreatifitas Mahasiswa

ADVERTISEMENT

CIMAHI, PASJABAR.COM — Mahasiswa sebagai kaum akademisi memiliki peranan yang besar dalam membangun bangsa. Pengembangan dari peranan tersebut tentu perlu dilatih, bukan hanya dari jam bangku perkulihan, tapi juga lewat organisasi.

Oleh sebab itu  Himpunan Mahasiswa Civic Hukum (HMCH) STKIP Pasundan hadir sebagai wadah pengembangan mahasiswa yang aktif dan kreatif.

Ketua HMCH, Ayu Wulandari Rusmana mengungkapkan bahwa HMCH memiliki misi untuk mewujudkan anggota Hima Civic Hukum yang berpikir kritis dan mempunyai dedikasi tinggi terhadap kemajuan Prodi PPKn. Disamping mewujudkan kemampuan mahasiswa baik dalam prestasi akademik atau non akademik.

“Mengenai latar belakangnya sendiri pada awalnya organisasi ini diberi nama Himpunan Mahasiswa PKn (HIMA PKn) kemudian diganti dan dialih nama menjadi Himpunan Mahasiswa Civic Hukum ( HMCH), Himpunan Mahasiswa Civic Hukum ini dideklarasikan pada tahun 2014 yang diketuai oleh Kang Dodi,” terang Ayu.

Fungsi adanya Hima Civic Hukum (HMCH) sendiri lanjut Ayu adalah untuk mewakili para mahasiswa Prodi PPKn dalam mengimplementasikan program-program kemahasiswaan yang ada di STKIP Pasundan Cimahi.

Divisi dari Hima Civic Hukum ini pun awalnya memiliki 5 divisi yakni, Humas, Keagamaan, Minat Bakat, Organisasi, Pendidikan. Kemudian pada awal tahun 2018 ada penambahan Divisi yaitu Badan Usaha Milik Himpunan atau disingkat dengan BUMH.

HMCH pun sudah melewati 5 periode diantaranya Dodi periode 2014-2015, Yahya periode 2015-2016, Fahrul periode 2016-2017,  Adit periode 2017-2018 dan Ayu Wulandari Rusmana periode 2018-2019.

Untuk saat ini jumlah kepengurusan Himpunan Mahasiswa Civic Hukum (HMCH) pada periode 2018-2019 kurang lebih sekitar 30 anggota.

“Untuk kegiatan rutin kami, bisanya kami mengadakan rapat mingguan membahas program kerja yang akan diselenggarakan. Ada pula  Danus atau Dana Usaha yang dilakukan disekitaran kampus STKIP Pasundan Cimahi dan kegiatan bersama UKM dan Ormawa lain yaitu mengaji setiap sore di masjid kampus,” ulasnya.

Adapun yang menjadi Fokus di Tahun 2019 ini  adalah mengadakan kegiatan tahunan yaitu “Civic Education Days 2nd”

Yang mengusung tema “Membangun Patriotisme Pelajar Milenial melalui Civic Education Day 2019” yang ditujukan untuk siswa/siswi SMP/MTs dan SMA/SMK/MA Se- Bandung Raya yang  akan dilaksanakan pada 10 Maret 2019 mendatang.

“Saya berharap semoga Himpunan Mahasiswa Civic Hukum ini menjadi wadah untuk mengembangkan mahasiswa yang mempunyai kemampuan yang sebelumnya tidak tersalurkan. lebih maju dan lebih baik kedepannya,” tandasnya siang itu. (Tan)

Yatti Chahyati

Recent Posts

WJIS 2024, Jawa Barat Alami Pertumbuhan Ekonomi 4,95 Persen

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- West Java Investment Summit 2024 yang sudah berjalan ke enam kalinya mencatatkan…

4 jam ago

Pelajaran untuk Persib Usai Dipermalukan Port FC

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menelan pil pahit. Melawan Port FC dalam laga perdana Grup F AFC…

5 jam ago

Pengungsi Gempa Cibeureum Antre Panjang Demi Minuman Hangat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Ratusan pengungsi gempa di Cibeureum, Kabupaten Bandung, rela mengantre panjang demi mendapatkan…

6 jam ago

Tenda Terpasang, Pengungsi Gempa Kertasari Masih Kekurangan Bantuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lebih dari 10 tenda pengungsian telah dipasang di lokasi evakuasi korban gempa…

6 jam ago

Port FC Permalukan Persib di Si Jalak Harupat

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung menuai kekalahan saat menjamu Port FC dalam laga perdana Grup…

7 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

7 jam ago