Categories: HEADLINEPASPENDIDIKAN

HIMA KS FISIP Unpas Bahas Kemiskinan di Indonesia

ADVERTISEMENT

BANDUNG, PASJABAR.COM — Himpunan Mahasiswa Ilmu Kesejahtraan Sosial (HIMA KS) FISIP Universitas Pasundan (Unpas) mengadakan seminar nasional  “Pendekatan Interdisipliner dan Profesi Dalam Menangani Kemiskinan di Indonesia”, Sabtu (13/4/2019), dii Aula Sudirareja Jl. Lengkong Besar No.48, Cikawao, Lengkong, Kota Bandung.

Dalam seminar tersebut hadir sebagai pembicara dosen Ekonomi UNPAS dan pengamat ekonomi Acuviarta Kartabi, S.E MEc , dosen antropologi UNPAD dan Peneliti Dr. Budi Rajab, Dirjen Rehabilitasi Sosial Kementrian Sosial RI Edi Suharto, Phd M.Sc serta CSR PT. Sinarmas Land, Ganuardi Pradipta, S.Tr. Sos

Ketua Himpunan Mahasiswa Kesejahtraan Sosial, Ikhsan Maulana mengungkapkan bahwa kegiatan ini diadakan untuk mengulas permasalahan kemiskinan yang ada di Indonesia.

“Seminar ini juga merupakan upaya untuk mencari solusi dari berbagai aspek atau perspektif pembicara agar peserta terinspirasi untuk berkontribusi dan mau berkolaborasi untuk bersama pemerintah pusat membuat program untuk mengatasi kemiskinan,” terangnya.

Ada sekitar 300 peserta yang mengikuti seminar ini, baik dari UNJANI, UNPAR, Widyatama, STKS BAndung, STKIP Pasundan, ITENAS, Binus. UNLA, Universitas Maranatha dan UNPAD.

“Saat ini sudah banyak program yang semakin baik dari pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan, salah satunya dalam bidang infrastukrur dengan membangun jalur transportasi sehingga bisa membantu memecahkan solusi ekonomi masyarakat dan kemudahan dalam membangun usaha,” tandasnya.

Ikhsan juga menambahkan bahwa mahasiswa memiliki peranan penting untuk sadar dan mau berkontribusi dalam memberantas kemiskinan. Karena ini merupakan tanggung jawab bersama baik pemerintah, maupun mahasiswa.

“Kemiskinan menjadi hal yang sangat penting untuk ulas karena hal tersebut merupakan permasalahn sosial yang urgen, berkaitan dengan kemampun manusia dalam memenuhi kebutuhan primernya berupa sandang, pangan dan papan,” jelasnya.

Diharapkan lewat acara ini, mahasiswa akan terjun langsung kepada masyarakat untuk menjalankan fungsi dari tri dharma perguruan tinggi, memberikan edukasi, solusi, dan ide-ide cemerlang bagi kemajuan bangsa. (Tan)

admin

Recent Posts

Harga Pangan Bervariasi: Ayam dan Cabai Turun, Bawang Melonjak

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pada Sabtu (21/9/2024) pagi, harga beberapa komoditas pangan seperti daging ayam ras,…

45 menit ago

Korban Gempa di Cibereum Mulai Mengeluh Penyakit Pasca Bencana

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Sejumlah warga korban gempa bumi di Desa Cibereum, Kecamatan Kertasari, mulai mengeluhkan…

2 jam ago

Ribuan Warga Masih Bertahan di Pengungsian Gempa Kertasari, Butuh Makanan dan Selimut

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Empat hari setelah gempa bumi mengguncang Kertasari, ribuan warga masih bertahan di…

3 jam ago

Ternyata Makassar hingga Sumedang Tercatat Paling Panas di Asia Tenggara!

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Analisis terbaru dari Climate Central mengungkapkan bahwa empat kota di Indonesia, yaitu…

4 jam ago

Pj Gubernur Jabar: Edukasi Bencana Harus Gencar, Siapkan Peralatan Darurat Lebih Baik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, mengungkapkan bahwa penanganan korban…

5 jam ago

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

16 jam ago