Categories: PASBISNIS

Pantau Proses Quick Count Lewat Aplikasi “Suara TPS”

ADVERTISEMENT

JAKARTA, PASJABAR.COM — Untuk memantau langsung proses quick count, kini dapat dipantau melalui aplikasi “Suara TPS”  yang dapat diunduh melalui Google Playstore.

Aplikasi ini merupakan  aplikasi yang diluncurkan oleh Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI)

Untuk mengunduh aplikasi, masyarakat hanya perlu membuka aplikasi Google Playstore, mengetik Suara TPS pada kolom pencarian, dan mengunduhnya. Ini merupakan cara yang mudah untuk memantau proses penghitungan cepat agar acara berlangsung secara transparan.

Menurut Direktur Eksekutif KedaiKOPI, Kunto A. Wibowo mengatakan bahwa pada era teknologi informasi seperti saat ini semua informasi bisa diperoleh dengan sangat cepat, termasuk informasi soal hitung cepat Pemilu Serentak 2019.

“Dalam musim politik sudah banyak sekali berita palsu (hoax) dan penipuan yang dilakukan oleh berbagai pihak sehingga publik rawan mendapatkan berita-berita yang sifatnya menjatuhkan salah satu kubu maupun mengubah keyakinan terhadap salah satu calon pasangan. Untuk itulah, diperlukan lembaga yang sifatnya netral dan dapat dipercaya publik dalam memberikan informasi Pemilu 2019,” paparnya.

Melalui aplikasi Suara TPS ini, KedaiKOPI akan melaporkan secara langsung hasil metode hitung cepat (quick count) Pemilu serentak yang sedang  berlangsung. Masyarakat dapat mengakses sekaligus memantau secara langsung proses penghitungan suara untuk pemilihan pemimpin negara tersebut.

“Suara TPS, kami kembangkan agar masyarakat mengetahui bagaimana proses metode penghitungan cepat atau quick count itu berlangsung sehingga masyarakat sendiri dapat menilai jalannya penghitungan suara di kotak suara itu sesuai atau rekayasa.Tentu kita tidak menginginkan kejadian seperti pemalsuan hasil quick count seperti yang pernah terjadi.” tandasnya.

Ia berharap dengan adanya transparansi kegiatan quick count, publik dapat menilai kredibilitas dari suatu lembaga survei dan turut berpartisipasi sebagai saksi dalam detik-detik penentuan pemimpin Indonesia dan wakil rakyat selama lima tahun ke depan.

Adapun Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) adalah lembaga yang mengkaji opini publik untuk kebutuhan pengambilan keputusan dan penyusunan strategi komunikasi. Kajian ini dilakukan dengan berbasis riset. (*/Tan)

admin

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

1 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

2 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

3 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

4 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

4 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

4 jam ago