Categories: PASPENDIDIKAN

5203 Mahasiswa UIN SGD Bandung Ikuti KKN Sisdamas 2019

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Sebanyak 5203 peserta Kuliah Kerja Nyata Berbasis Pengabdian kepada Masyarakat (KKN Sisdamas) UIN SGD Bandung tahun 2019.

KKN dilepas Wakil Rektor I, Prof. Dr. H. Asep Muhyidin, M.Ag, didampingi Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarkat (LP2M), Dr. Munir, MA, Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), Dr. H. Ramdani Wahyu Sururie, M.Ag,  di depan pintu gerbang Kampus II, Jl. Soekarno-Hatta Samping Mapolda Jabar, Cimencrang Kota Bandung, Selasa (30/7/2019).

Dalam arahannya, Wakil Rektor I menuturkan KKN Sisdamas UIN SGD Bandung merupakan proses pembelajaran yang memadukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, di suatu daerah tertentu yang dilakukan oleh mahasiswa untuk ikut serta melakukan pemberdayaan masyarakat.

Menurutnya, KKN Sisdamas tahun 2019, diikuti oleh 5203 Mahasiswa berasal dari 48 Program Studi (Prodi S1), bertempat di 127 Desa, dan 25 Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bandung, Kabupaten Pangandaran, Kota Banjar, Kabupaten Tasik, Kabupaten CIanjur, Kabupaten Bekasi, Negara Malaysia dan Thailand dari tanggal 29 Juli-31 Agustus 2019.

“KKN Sisdamas bertujuan untuk membelajarkan para mahasiwa di dalam memberdayakan masyarakat dan melakukan pengabdian atau layanan sesuai dengan keahlian mahasiswa pada masing-masing Prodi di masyarakat,” terangnya.

KKN Sisdamas dengan bentuk pengabdian kepada masyarakat itu harus meliputi Pertama, Pembelajaran masyarakat. Kegiatan yang ditujukan untuk belajar bersama masyarakat atau menguatkan kemampuan, potensi dan aset masyarakat, termasuk dialog, lokakarya, dan pelatihan.

“Selain itu Pendampingan masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan secara intensif dan partisipatif agar tercapai kemandirian dari komunitas atau kelompok mitra dan terakhir advokasi,” terangnya.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa menumbuhkan kepekaan sosial, politik, dan budaya, serta kapasitas atau kemampuan untuk memperjuangkan dan memperoleh hak-hak sebagai warganegara.

“Untuk hari ini yang telah diberangkatkan mahasiswa KKN Sisdamas tujuan Kabupaten Bandung, Cianjur, Bekasi, Kota Banjar, dan Pangandaran dengan jumlah mahasiswa 1780 orang. Sedangkan untuk besok tujuan Sumedang berjumlah 3423 orang. Mohon doa dari seluruh civitas akademika. Semoga selamat diperjalanan dan kembali dangan selamat, ” tegasnya.

Wakil Rektor I berpesan kepada seluruh peserta KKN Sisdamas untuk meluruskan niat dan menjaga nama almamater dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat.

“Pertama, Luruskan niat untuk menjalankan ibadah, karena keberadaan KKN bukan kerja sendiri, tapi kolektif. Jadi segala program kerja yang akan dilakukan di tengah-tengah masyarakat harus melibatkan aparat pemerintah, warga. Kedua, Jaga almamater karena nama baik kampus berada di pundak mahasiswa,” pungkasnya. (*/Tan)

admin

Recent Posts

Bojan Hodak: Lupakan Kekalahan, Fokus Hadapi Persija

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pelatih PERSIB, Bojan Hodak, meminta para pemainnya untuk melupakan kekalahan 0-1 dari…

7 jam ago

Laga Sengit PERSIB vs Persija: Suporter Dilarang Masuk

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Setelah menghadapi Port FC di laga pembuka AFC Champions League Two (ACL…

8 jam ago

BMKG: Hujan Normal Menyapa Indonesia pada November Mendatang

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia akan…

9 jam ago

Resmi Dilantik jadi Pj Wali Kota Bandung, Inilah Perjalanan Karir A. Koswara

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – A. Koswara resmi dilantik sebagai Penjabat Wali Kota Bandung pada 20 September…

10 jam ago

Produk Fesyen Ulos Diserbu Atlet di PON Aceh-Sumut 2024

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Produk fesyen berbahan dasar ulos menjadi salah satu oleh-oleh yang paling diminati…

11 jam ago

Program PKM FKIP Unpas: Pemberdayaan Perempuan Melalui Hidroponik

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Program pemberdayaan perempuan melalui pertanian hidroponik telah dilaksanakan di Kampung Munjul, Desa…

12 jam ago