Tractor Pack Unpas Mulai Dilirik Distanpang Pemprov Jabar

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM Mahasiswa Teknik Universitas Pasundan (Unpas) mempresentasikan tractor pack atau tractor gendong karya mereka, di hadapan Kepala Dinas Pertanian Jawa Barat Hendi Jatnika dan jajaran Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Jawa Barat, Selasa (4/9/2019).

Dibawah arahan Dekan Fakultas Teknik Unpas Yusman Taufik dan dipimpin Koordinator Pengabdian Masyarakat Fakultas Teknik Unpas Thomas Gozali, dua mahasiswa Teknik didampingi dosen pembimbing Farid Rizayana, memperagaakan bagaimana cara kerja tractor pack dan keunggulannya.

“Ini merupakan awal agar tractor pack ini bisa dikenal khususnya di Jawa Barat. Semoga kedepan bisa bermanfaat untuk pertanian di Jawa Barat dengan pengembangannya bersama Dinas Pertanian Jawa Barat,” tuturnya.

Tractor pack milik mahasiswa Unpas terseut memiliki bermacam fungsi, yakni membajak sawah, mencacah kayu, dan sebagai pompa air. Bahkan selain memiliki tiga fungsi alat ini sangat mudah dibawa kemanapun terutama lahan miring dan berbukit.

Tractor pack yang sudah mulai diproduksi massal tersebut, mulai dilirik oleh Dinas Pertanian Jawa Barat karena dianggap bisa menjadi salah satu solusi di pertanian Jawa Barat yang memiliki konstruksi tanah berbukit.

“Saat ini alat pertanian memang tidak hanya cukup memiliki satu fungsi saja, namun perlu ada beberapa fungsi lainnya selain itu juga alat pertanian saat ini diharapkan bisa terhubung ke teknologi informasi,” tuturnya.

Hendi menyebutkan pertanian saat ini memang tidak banyak diminati oleh millennial, namun ia sangat mengapresiasi atas hasil dan penemuan mahasiswa Unpas tersebut karena masih ada anak muda yang di Jawa Barat yang peduli terhadap pertanian di Jabar.

“Kedepan kami berharap ini bisa dikerjasamakan dengan Dinas kami terutama dalam pengembangan pertanian Jawa Barat,” harapnya. (tie)

admin

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

2 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

3 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

4 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

5 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

5 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

5 jam ago