Categories: PASJABARPASPENDIDIKAN

Bukan Tempat Evakuasi, Unisba Tegaskan Hanya Demi Kemanusian

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMUniversitas Islam Bandung (Unisba) tegaskan jika kampusnya tidak dengan sengaja menyediakan tempat evakuasi bagi mahasiswa yang terluka saat aksi menuntur di hapuskannya RKUHP dan RUU KPK di Gedung DPRD Jabar.

Hal terebut diungkapkan Wali Rektor III Unisba, Asep Ramdan Hidayat yang ditemui Pasjabar, disela pendampingan terhadap mahasiswa yang terluka akibat bentrok dengan apparat di Aula Unisba, Jalan Tamansari, Selasa (24/9/2019).

“Kami sebetulnya tidak menyediakan tempat untuk evakuasi sehingga tidak ada persiapan persiapan khusus, dan kami menyediakan tempat ini benar-benar karena kemanusiaan. Awalnya memang kami menyiapkan hanya untuk mahaiswa Unisba saja, namun setelah kami identifikasi di lapangan ternyata banyak dari kampus lain dan kami tentu tidak bisa menolak dengan kondisi mereka yang terluka begitu dan mereka tidak memiliki tempat istirahat untuk beribadah. Ya kami berikan ijin, selama mereka tidak membuat kegaduhan dan berorasi serta menggelar aksi di kampus kami,” ujar Asep.

Unisba sendiri hari sebelumnya juga melakukan hal yang sama dengan menampung korban bentrok di kampusnya. Dan hari ini ketika polisi memaksa mundur mahasiswa banyak mahasiswa bukan hanya mahasiswa Unisba, namun dari berbagai kampus di Jabar menyelamatkan diri ke Unisba.

“Mungkin karena posisi kampus Unisba yang dekat dengan Gedung DPRD jadi mahasiswa berlari ke sini. Tapi sebetulnya kami memang tidak sengaja mengevakuasi atau menampung mereka di kampus Unisba,” Asep menegaskan kembali.

Meski diterima dikampusnya, namun Asep menyebutkan jika ada beberapa peraturan yang harus ditaati mahasiswa yang akan beristirahat di Unisba, seperti beratribut lengkap dan tidak berbuat kegaduhan.

“Dan kami juga menerapkan jam malam, sehingga tidak bisa lagi sembarangan mahasiswa keluar masuk kampus kami tanpa seijin pihak keamanan,” ungkapnya.

Hari kedua aksi mahasiswa di Gedung DPRD Jabar kembali terjadi bentokan, akibat kejadian itu tercatat sekitar 98 mahasiswa di evakuasi ke Unisba dan empat diantaranya harus di larikan ke RS untuk perawatan intensif. (tie)

admin

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

10 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

11 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

12 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

13 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

13 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

13 jam ago