Categories: PASPENDIDIKAN

PPM UPT ITB Inisiasi Revitalisasi Pasar Desa Maja Utara

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMInstitut Teknologi Bandung (ITB) melakukan Program Pengabdian Masyarakat Unggulan Perguruan Tinggi (PPM UPT) di Desa Maja Utara Majalengka melalui inisiasi pasar.

“Pemilihan kawasan ini sebagai salah satu program kami karena semenjak pembangunan Bandara Internasional Kertajati, keberadaan Kabupaten Majalengka mulai menjadi perhatian khalayak karena diramalkan bakal menjadi simpul pertumbuhan ekonomi regional di masa mendatang,” papar Ketua Program PMU PT ITB, Agus S Ekomadyo, dalam siaran persnya kepada Pasjabar, Selasa (1/10/2019).

Dikatakannya, untuk pembangunan tersebut elemen masyarakat, termasuk beberapa kepala desa, mulai mengorganisasi diri, membangun jejaring, untuk mengembangkan potensi yang dipunyai. Beberapa pihak dari luar mulai diajak berkolaborasi, membangun inovasi secara kolektif, untuk menggali peluang-peluang untuk pengembangan ekonomi yang juga berdampak bagi sosial dan budaya setempat termasuk salah satunya ITB.

Agus menambahkan, jika pasar Maja Utara ini memiliki beberapa keunggulan. Pertama, terletak di jalur lintasan Majalengka Garut, sehingga mudah dikunjungi oleh warga desa, maupun dari tempat lain. Kedua, ada kegiatan pasar domba yang berlangsung tiap hari Selasa dan Jumat.

“Selain itu, di beberapa tempat terdapat pemandangan yang menarik. Artinya, ada potensi bahwa pasar desa ini bukan sekadar menjadi tempat jual beli, tetapi juga tempat rekreasi, melihat-lihat jual beli kambing berlatar keindahan pemandangan alam,” tambahnya

Ia menambahkan dari inisiasi hingga proses perencanaan skematik dilakukan secara kolektif oleh tim Riset ITB bersama aparat desa.

“Aspirasi, visi, dan rencana pengembangan pasar diajukan oleh kepala desa (Kuwu) dan didiskusikan bersama aparat desa yang lain. Tim riset ITB memberikan masukan hal-hal teknis, sekaligus membantu untuk jejaring pengembangan pasar desa yang melibatkan mitra dari luar,” tuturnya.

Disebutkannya, dengan pendekatan perancangan secara kolektif ini, baik aparat desa maupun tim Riset ITB bisa saling belajar, bagaimana gagasan tentang ujud lingkungan yang baik bisa diimplementasikan karena sesuai dengan kebutuhan, aspirasi, dan kemampuan masyarakat setempat.

Hasil kolaborasi tersebut dikatakan Agus menguntungkan kedua belah pihak, yakni pihak desa bisa mendapatkan pengetahuan, bantuan teknis, dan kemungkinan mitra dari luar untuk pengembangan pasar dengan keterlibatan tim riset ITB.

“Sebaliknya, tim riset ITB mendapatkan mitra lokal untuk ujicoba pengetahuan bagaimana desain arsitektur yang mampu membangun sense of belonging dari pengguna, dan berperan sebagai agen pengembangan potensi masyarakat. Lebih jauh lagi, model kolaborasi ini secara lebih luas bisa dijadikan model pembangunan jejaring inovasi desa antara masyarakat desa dan perguruan tinggi secara berkelanjutan. Strategi pelibatan mitra-mitra lokal maupu mitra-mitra eksternal merupakan kunci dari keberlanjutan inisiasi inovasi di desa ini,” pungkasnya.(*/tie)

 

admin

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

10 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

12 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

13 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

13 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

14 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

14 jam ago