Categories: PASBISNISPASNUSANTARA

TikTok Jadi Ruang Ekspresi Bakat dan Kreativitas

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMData Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyatakan bahwa pengguna internet di Indonesia dari tahun 2018 tumbuh sebesar 10,12%, dan Jawa Barat menjadi provinsi yang memberikan kontribusi terbesar yakni 16%.

Hal tersebut tak salah mengingat berdasarkan Google Year Insight 2018, era “mobile only” saat ini membuat kita terbiasa melakukan banyak hal dengan ponsel, mulai dari mencari informasi sampai mengabadikan momen berarti. Kombinasi audio dan visual dalam sebuah video singkat pun kian diminati.

Menurut Mumbrella Asia, 8-10 detik merupakan durasi ideal untuk menuangkan kreativitas, ide, dan pesan agar dapat diterima dengan cara menarik.

Dalam acara jumpa pers pada Jumat, (11/10/2019) di Co & Co Space Jalan Dipati Ukur No.5, Bandung 40132, Head of User and Content Operations,Angga Anugrah Putra mengungkapkan bahwa TikTok, platform destinasi video pendek pada kenyataannya telah membuktikan hal tersebut. Setelah dua tahun hadir di Indonesia, banyak masyarakat memilih TikTok untuk menikmati beragam jenis konten.

Tidak hanya itu saja, tetapi TikTok juga ternyata telah menjadi pilihan bagi beberapa institusi pemerintah di Indonesia seperti Kominfo dalam menyampaikan pesan dan program.

“Dengan angka pengguna internet yang tinggi, anak-anak muda Bandung memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mengekspresikan bakat dan kreativitas mereka, TikTok, sebagai platform destinasi bagi video singkat harapannya dapat menjadi ruang untuk mereka berkarya dan menjadi diri mereka sendiri,” tandas Angga.

Angga juga menjelaskan bahwa ada sembilan fakta unik TikTok, sebagai aplikasi terpopuler di Indonesia, tersedia di Google Play Store dan iOS.

Dimana menjadi #NowTrending: Aplikasi Nomor 1 di App Store. Dalam beberapa minggu terakhir, TikTok menjadi aplikasi hiburan nomor 1 di App Store di Indonesia. Di tahun 2018, TikTok menerima penghargaan dari Google Play sebagai “Aplikasi Paling Menghibur” dan “Aplikasi Terbaik”.

“Tiktok juga menjadi tempat untuk video singkat yang penuh arti, pengguna TikTok dapat menangkap momen apapun yang penting bagi mereka dengan menciptakan video kreatif yang berdurasi antara 15 detik sampai 1 menit, langsung dari smartphone. Mereka dapat menghias videonya dengan beragam pilihan efek khusus, stiker, lagu, transisi, dan fitur video lainnya,” jelasnya.

Disamping itu,  lanjut Angga saat menggunakan TikTok, pengguna di Indonesia menghabiskan rata-rata 29 menit untuk tidak hanya menonton tetapi juga menciptakan, menemukan, berbagi video di platform tersebut. Dengan begitu, berarti pengguna di Indonesia bisa menonton lebih dari 100 video per hari! Wajar saja, karena TikTok menawarkan beragam konten, mulai dari hewan peliharaan, seni, kartun, komedi, kecantikan, makanan, pendidikan, dan lainnya.

“Hal lainnya adalah pengguna di Indonesia menyukai video makanan, fashion, dan komedi di TikTok Meskipun TikTok menawarkan beragam jenis konten, sebagian besar pengguna di Indonesia menyukai konten makanan, fashion, dan komedi dalam dua tahun terakhir ini. Dan semakin sering pengguna menonton konten kesukaannya, akan ada lebih banyak rekomendasi yang sudah dipersonalisasikan, semua berkat teknologi canggih di balik TikTok,” tandasnya.

Tidak hanya itu fakta lainnya adalah Video terpopuler di TikTok Indonesia dimana Video paling populer dalam dua tahun terakhir ini menawarkan beragam konten. Video makanan tentang cara membuat Risoles dari Yackikuka menjadi terkenal dengan lebih dari 750,000 likes. Sementara video yang dibuat oleh seorang penata makeup bernama Anna Queen yang sedang menunjukkan makeup salah satu pelanggannya meraih lebih dari 900,000 likes.

“Kemudian dalam #TikTokTune: Aku Salah Apa Selain menjadikan video viral, TikTok juga menjadi platform baru untuk lagu-lagu yang mungkin belum pernah terdengar sebelumnya. Mulai dari lagu dalam negeri sampai dengan luar negeri, TikTok memiliki pustaka musik yang besar dan dapat menjadi lagu latar untuk jutaan video kreatif,” sahutnya.

Dalam dua tahun terakhir, lagu yang paling populer sebagai lagu latar video di Indonesia ternyata tidak hanya lagu Aku Salah Apa dari Ilir 7, tetapi juga Disana Menanti Disini Menunggu dari Via Vallen, diikuti oleh Lagi Syantik dari Siti Badriah, dan Girls Like You dari Maroon 5.

“Tidak kalah menarik lainnya adalah Tantangan Tagar terpopuler di Indonesia, Orang Indonesia tidak hanya suka mengikuti tantangan, tapi juga gemar menonton video tantangan tersebut! Tantangan #EkspresiMerdeka, bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga, mendapatkan 64.9 juta view; sementara #ColorfulMedan yang berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata Kota Medan meraih 24.3 juta view,” jelasnya. (tan)

 

admin

Recent Posts

Dinas Pendidikan Kota Cimahi Gelar Gebyar Pesdiktara Tahun 2024

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM -- Dalam rangka meningkatkan minat, bakat, daya saing dan kemampuan para siswa Peserta…

4 jam ago

Pesangon Roberto Mancini Mencapai Rp 339 Miliar

WWW.PASJABAR.COM -- Roberto Mancini dipecat Timnas Arab Saudi. Walaupun demikian, pesangon Roberto Mancini dari Timnas…

5 jam ago

Pelatih Baru Arab Saudi Diumumkan dalam Waktu Dekat

WWW.PASJABAR.COM -- Pelatih baru Arab Saudi, rival Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona…

6 jam ago

Roberto Mancini Berikan Peringatan untuk Arab Saudi

WWW.PASJABAR.COM -- Perpisahan antara Timnas Arab Saudi dan Roberto Mancini tidak dapat terelakan. Sang juru taktik…

7 jam ago

AFC Tak Akui Kemenangan atas Kepulauan Mariana Utara

WWW.PASJABAR.COM -- Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) tidak akan mengakui kemenangan telak Timnas Indonesia U-17…

8 jam ago

Nova Arianto: Garuda Asia Pakai Pemain Pelapis

WWW.PASJABAR.COM -- Pelatih Timnas Indonesia U-17 Nova Arianto mensyukuri kemenangan 10-0 atas Kepulauan Mariana Utara…

9 jam ago