Paguyuban Pasundan Resmikan Koperasi Kab Cirebon

ADVERTISEMENT

CIREBON, WWW.PASJABAR.COMKoperasi Paguyuban Pasundan Kabupaten Cirebon (KOPPACI)  diresmikan oleh  Ketua Umum Pengurus Besar Paguyuban Pasundan Prof. Dr. HM. Didi Turmudzi, M.Si. dan Anggota DPR RI komisi I Mayjen TNI (Purn) DR. H. TB. Hasanuddin,  SE, MM.  pada Sabtu (14/12/2019) di Susukan,  Kabupaten Cirebon.

Turut hadir dalam acara ini Bupati Kabupaten Cirebon,  Imron Rosyadi, para Pengaping Paguyuban Pasundan Kabupaten Cirebon, serta Rektor Unpas, Prof.Dr.Ir.H.Eddy Jusuf Sp M.Si,.M.Kom. berserta ketua YPT dan YPDM Pasundan.

Acarapun diisi dengan sambutan, pelantikan para pengurus koperasi oleh ketua Paguyuban Pasundan, penyerahan simbol bantuan, dan pemotongan pita sebagai simbol resminya Koperasi Paguyuban Pasundan.

Dewan Paguyuban Pasundan Kabupaten Cirebon, Ali Mugayat menyampaikan dalam sambutannya bahwa Paguyuban Pasundan Kabupaten Cirebon sudah melakukan berbagai kegiatan dalam pengembangan masyarakat,  salah satunya adalah kegiatan pelatihan untuk calon dan  para pelaku UKM, dan koperasi yang diresmikan  pada hari ini diharapkan akan dapat menampung produk dari pelaku UKM dan dengan kemasan yang mampu bersaing dengan produk industri lainnya.

“Perkembangan saat ini juga terus berkelanjutan dimana sudah ada beberapa yang  masuk ke supermarket seperti transmart, tentu dengan kemasan dan  pemasaran yang bagus dan akan lebih mudah dilirik oleh calon pembeli,” terangnya.

Ia menambahkan dengan dengan prinsip layanan mudah, murah dan harga terjangkau, Koperasi Paguyuban Pasundan  diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan meningkatkan pendapatan para pelaku UKM serta akan maju dan berkembang jika semua pihak membantunya.

“Disamping itu, Paguyuban Pasundan Kabupaten Cirebon pun dipercaya mengelola tanah perhutani di palimanan yang luasnya lebih dari 100 hektar, dan kedepannya dapat menjadi hutan wisata gundawa yang saat ini tengah dipersiapkan sarana dan prasarananya,” jelasnya.

Adapun Ketua Umum Pengurus Besar Paguyuban Pasundan Prof. Dr. HM. Didi Turmudzi, M.Si. dalam sambutannya berkata bahwa ia bersyukur bahwa Paguyuban Pasundan telah berhasil melakukan pelatihan dan peresmian koperasi, yang selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan menginventarisir organisasi apa saja yang ada di cirebon, membantu permasalah koperasi baik modal,  pengemasan produk  mupun pemasaran.

“Semoga peresmian koperasi ini akan membawa kemajuan dan selain itu semoga  Kabupaten Cirebon,  akan semakin ramai dengan kunjungan wisata, salah satunya hutan yang saat ini tengah ditata, jika ada kolaborasi dan kebersamaan antara pemda jabar dan paguyuban pasundan,” ulasnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Cirebon, Imron Rosyadi berkata bahwa ia berterimakasih atas peresmian Koperasi Paguyuban Pasundan yang ada di kabupaten cirebon dan pemerintah kabupaten Cirebon siap membantu apa yang dibutuhkan,  sebab Kabupaten Cirebon memiliki tujuan yang sama yakni ingin meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

“Koperasi ini juga menjadi wadah bahwa Cirebon pun memiliki banyak potensi dan dapat berkerjasama  dalam hal ekonomi. Salah satunya adalah potensi ikan, karena Cirebon dekat dengan laut, jika distribusi mudah misalnya lewat koperasi maka akan lebih baik dan meningkat,” terangnya.

Dalam hal pengemasan,  yang saat ini masih menjadi kendala,  pemerintah Kabupaten Cirebon  pun dapat membantu ditambah akan melakukan pembinaan lanjutan untuk koperasi yang ada di masyarakat.

Imron menambahkan bahwa pihaknyapun siap bekerjasama dalam hal pariwisata di Kabupaten Cirebon bersama Paguyuban Pasundan.

“Kami berharap bahwa peresmian ini akan  meningkatkan ekonomi dan hasil produknya dapat bermanfaat, dan dipasarkan dan semoga akan terus bertambah maju,” tandasnya.

Adapun Anggota DPR RI komisi I sekaligus Dewan Pengaping Mayjen TNI (Purn) DR. H. TB. Hasanuddin,  SE, MM mengulas bahwa sejauh ini Paguyuban Pasundan terus berupaya meningkatkan kesejahtraan masyarakat,  salah satu kegiatannya lewat  koperasi.

“Kami berharap bahwa koperasi Paguyuban Pasundan dapat diresmikan di seluruh  wilayah setidaknya di Jawa Barat  dan berikutnya di daerah lain, dimana pengurus paguyuban pasundan sebagai pelaksananya telah memiliki tim untuk melaksanakn pelatihan mulai dari menggoreng,  package,  marketing, dengan melatih para pemuda di desa-desa yakni karang taruna,” jelasnya.

Untuk produk yang dibuat, lanjut Mayjen TNI (Purn) TB. Hasanuddin didasarkan pada  pelatihan yang didapatkan.

Adapun pelatihan tersebut tidak dipungut biaya apapun dan yang penting adalah partisipasi untuk terlibat dalam pelatihan untuk selanjutnya diaplikasikan.

Anggota Komisi I DPR RI yang juga Dewan Pangaping Paguyuban Pasundan, Tb Hasanuddin, menyerahkan bantuan untuk koperasi di Kab Cirebon. (tie/pasjabar)

“Kita telah bekerja sama dengan lembaga untuk terbukanya akses ke UKM. dan tidak hanya di Kabupaten Cirebon, juga Sumedang yang telah kita resmikan, namun pada bulan Januari 2020 mendatang kita juga akan mulai meresmikan koperasi di Majalengka, Purwakarta serta Pangandaran dan di 27 kabupaten dan kota  lainnya di Jawa Barat,” terangnya.

Ia pun berharap bahwa peresmian ini akan terus meningkatkan pembelajaran,  marketing dan peningkatan kesejahtraan.  Oleh sebab itu pihaknya pun meminta bantuan dan dukungan dari seluruh eselon baik pemerintah maupun masyarakat.  (Tan)

admin

Recent Posts

Kalahkan Jakarta, Jawa Barat Kumpulkan 538 Medali di PON XXI Aceh – Sumut

WWW.PASJABAR.COM -- Jawa Barat resmi menyabet status sebagai juara umum di Pekan Olahraga Nasional (PON)…

11 jam ago

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

12 jam ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

13 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

14 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

14 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

14 jam ago