Lebih dari 6000 Siswa Belum Finalisasi SNMPTN

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMHingga hari terakhir pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), sebanyak 6.420 (1,14%) belum melakukan finalisasi SNMPTN.

Seperti dikutip Pasjabar, dari siaran pers Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kemendikbud, Minggu (1/3/2020) kemarin, dijelaskan, jika dari total siswa di Indonesia yang diperbolehkan mendaftar SNMPTN yakni 561.520 ada sebanyak 6.420 atau 1,14 persen yang belum melakukan finalisasi pendaftaran atau cetak kartu.

“Bagi ssiswa yang sudah melakukan pendaftaran sampai dengan memilih program studi dan belum finalisasi, diharuskan melakukan finalisasi dan Cetak Kartu Tanda Peserta SNMPTN tahun 2020, maka harus dilakukan mulai tanggal 2 sampai dengan 31 Maret 2020,” ujar Ketua LTMPT Mohammad Nasih.

Ia memaparkan hasil pendaftaran SNMPTN 2020 yang telah ditutup pada tanggal 27 Februari 2020, pukul 23.59 WIB lalu diperoleh data sebagai berikut Jumlah siswa yang boleh mendaftar (eligible) sebanyak 561.520, Jumlah Siswa yang Mendaftar sebanyak 493.750 (87,93%), Jumlah Siswa yang belum Mendaftar sebanyak 67.770 (12,07%) Jumlah Siswa Mendaftar sudah Finalisasi sebanyak 487.281 (86,79%),  Jumlah Siswa Mendaftar belum Finalisasi sebanyak 6.420 (1,14%). Jumlah Pendaftar Mengisi KIP/KKS  sebanyak 55.969 (9.97%) dan jumlah sekolah yang mendaftar sebanyak 15.272 siswa.

Sementara itu, berkaitan dengan pengisian data nomor pendaftaran SNMPTN bagi pendaftar KIP kuliah, Nasih mengimbau Kepala SMA/MA/SMK dan Siswa SMA/MA/SMK di seluruh Indonesia untuk melakukan pengisian data nomor pendaftaran KIP Kuliah di portal LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id.

“Hal ini diwajibkan apabila siswa yang bersangkutan  sudah memiliki Nomor Pendaftaran KIP Kuliah. Dimana pendaftaran KIP Kuliah dilakukan secara mandiri pada lamanhttps://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. Selanjutnya juga apabila siswa yang bersangkutan sudah memiliki akun LTMPT, dan sudah mendaftar atau yang akan mendaftar SNMPTN 2020  karena menunggu Kepemilikan Nomor Pendaftaran KIP Kuliah tahun 2020,” ulas Mohammad Nasih.

Adapun pengisian Data Nomor Pendaftaran KIP Kuliah di portal LTMPT dapat dilakukan dengan cara Login ke laman https://portal.ltmpt.ac.id menggunakan akun LTMPT yang sudah dimiliki.

“Kemudian peserta bisa memilih menu Pengisian Data Nomor Pendaftaran KIP Kuliah dan mengisikan Nomor Pendaftaran KIP Kuliah yang telah dimiliki,” terangnya.

Pendaftaran SNMPTN 2020 bagi siswa yang telah memiliki Nomor  Pendaftaran KIP Kuliah dan sudah melakukan Pengisian Data Nomor  Pendaftaran KIP Kuliah, kemudian dapat menyelesaikan  finalisasi atau cetak kartu dan tidak perlu melakukan pendaftaran SNMPTN lagi, karena proses sinkronisasi Nomor Pendaftaran KIP Kuliah dan Data Pendaftar SNMPTN di LTMPT akan  dilakukan secara otomatis. (*/tan)

 

admin

Recent Posts

Mapag Hujan: Aksi Bersih Sungai Menyambut Musim Hujan di Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Pemerintah Kota Bandung mengadakan kegiatan Mapag Hujan (Maraton Bebersih Walungan dan Susukan)…

57 menit ago

Jangan Sembarang Gula! Ini Jenis Gula yang Baik untuk Penderita Diabetes

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Dokter spesialis gizi klinik dari Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Prof. Dr.…

2 jam ago

Landak Jawa Ditemukan Berkeliaran di Jalan Padjadjaran Kota Bandung

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Seekor Landak Jawa ditemukan berkeliaran di kawasan Jalan Pajadjaran Kota Bandung. Hewan…

3 jam ago

Puluhan Pengungsi Gempa di Kertasari Mengeluh Sakit, Tim Medis Dikerahkan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Akibat cuaca dingin, puluhan pengungsi di tenda pengungsian gempa Kertasari mengeluh sakit.…

3 jam ago

Dedi Mulyadi Ajak Paguyuban Pasundan Lakukan Ini di Jabar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Politikus yang juga Calon Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi, mengajak Paguyuban Pasundan…

3 jam ago

Jeni Cindianti, Gadis dengan Segudang Cita-cita

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM-- Jeni Cindianti, yang akrab dipanggil Jeni, adalah sosok gadis yang penuh dengan semangat…

3 jam ago