Mahasiswa Harus Bisa Jawab Tantangan Entrepeneur Asia

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMUniversitas Pasundan (UNPAS) bersama One Asia menggelar seminar bertajuk  Exploring Ideas In Entrepeneurship Within Asia Community di Aula Mandalasaba Otto Iskandar Dinata Hall Unpas Kampus IV, Jl. DR. Setiabudhi No.193 Kota Bandung pada Rabu (11/3/2020).

Acara ini pun dibuka langsung oleh Rektor UNPAS, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom serta dihadiri oleh Ketua Pelaksana atau Koordinator One Asia Universitas Pasundan-Indonesia, Dr. Dindin Abdurohim BS. S.Sos.MM.M.Si Perwakilan Paguyuban Pasundan, Perwakilan YPT padundan, Perwakilan One Asia Indonesia, Kordibator One Asia ITB, Wakil rektor,  Dekan dan Ketua Prodi dilingkungan Unpas serta LPM dan LPSI Unpas.

Rektor UNPAS, Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom mengungkapkan bahwa Unpas merupakan satu-satunya perguruan tinggi  swasta dari delapan perguruan tunggi di Indonesia yang menjadi bagian dari One Asia.

Adapun dalam seminar ini narasumber berasal dari para praktisi yang relevan sesuai dengan keahlian masing masing. Di mana lembaga pengabdian masyarakat unpas, bekerja sama dengan PT LEN.

Seminar diikuti oleh mahasiswa pilihan dari enam fakultas yang ada di Unpas sebanyak 163 mahasiswa.

“Kami berharap bahwa ilmu yang  didapat  bisa diimplementasikan. Para mahasiswa dapat menjadi kader bangsa yang bisa menjawab masalah negara, menjadi peacemaker dan influencer yang melakukan kolaborasi lintas suku dan peduli pada lingkungan sekitarnya,” ungkap Prof Eddy.

Lebih lanjut dikatakan Eddy penerapan kualitas mahasiswa, dimulai dengan dicanangkannya 4 Pilar Pendidikan UNESCO yakni Learning to know atau belajar mengetahui, learning to do atau belajar berkarya, Learning to be yakni belajar menjadi diri sendiri dan mengembangkan diri dan learning to live together yaitu hidup bersama,  di mana di era globalisasi ini sikap pengertian antar suku dan bangsa menjadi hal yang penting.

“Kami juga memiliki program magang praktek kerja, pertukaran mahasiswa, riset, proyek independen dan kemanusiaan. Semoga kegiatan ini menjadi dorongan yang baik untuk start up dan skill up agar kesempatan ini bisa dimanfaatkan dosen, assesor dan mahasiswa tentunya,” terangnya.

Dalam seminar ini, lanjut Prof Eddy juga merupakan dalam upaya untuk menviralkan kewirausahaan dan meningkatkan wawasan mahasiswa. Di mana sejalan kampus merdeka bahwa Unpas menyediakan fasilitas magang selama dua semester yakni satu semester untuk berkuliah di lintas prodi yang tidak linear sebagai wujud dari pendidikan vokasi agar mahasiswa tidak hanya betkompetensi di satu  ilmu saja namun juga pada ilmu lainnya dan satu semester lagi di luar negeri.

“Program one asia mengenai entrepreneur ini juga sangat sesuai untuk dikembangkan mengingat bahwa sudah semakin meluas seperti dalam ilmu teknik ada technopreneur bahkan untuk ibu-ibu rumah tangga terdapat Mompreneur. Tentunya hal ini perlu kita kolaborasi dari belajar teori kemudian melakukan impelementasi di lapangan,” urainya.

Sementara itu salah satu pemateri seminar politisi Tubagus Dedi Suwandi Gumelar atau yang akrab disapa Miing berkata bahwa kampus bukan hanya paradigma menara gading, melainkan juga memiliki tridharma, lewat riset dan pengabdian masyarakat. Di mana kampus tak hanya melahirkan mahasiswa yang unggul dalam akademik saja namun memiliki jiwa  kewirausahaan.

“Mental wirausaha sangat penting meskipun tak selalu linear dengan kajian yang dipelajari di kampus. Kemauan dan keberanian harus selalu dirangsang, sebab segala hal bisa menjadi ruang dalam ekonomi. Saya juga mengapresiasi program untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan ini, sebab menjadi  angin segar  bagi mahasiswa yang diberikan kebebasan untuk mengekspresikan bakat dan minatnya,” tandasnya.

Adapun  One Asia terbentuk sejak tahun 2010 dengan tujuan untuk membentuk dan mengembangan komunitas Asia yang kurang lebih 30 negara di Benua Asia yang bergabung dengan ribuan Perguruan tinggi dalam membahas  berbagai permasalahan dan solusi berbagai aspek di benua asia, yang kini juga diadakan negara-negara Eropa. (Tan)

admin

Recent Posts

Bantuan dari Kang DS, Pedagang Ini Ungkap Dapat Pinjaman Tanpa Bunga

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Suryana warga Banjaran kabupaten Bandung menceritakan pengalamannya mendapat bantuan pinjaman tanpa bunga…

36 menit ago

Dinas Pendidikan Kota Cimahi Gelar Gebyar Pesdiktara Tahun 2024

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM -- Dalam rangka meningkatkan minat, bakat, daya saing dan kemampuan para siswa Peserta…

14 jam ago

Pesangon Roberto Mancini Mencapai Rp 339 Miliar

WWW.PASJABAR.COM -- Roberto Mancini dipecat Timnas Arab Saudi. Walaupun demikian, pesangon Roberto Mancini dari Timnas…

15 jam ago

Pelatih Baru Arab Saudi Diumumkan dalam Waktu Dekat

WWW.PASJABAR.COM -- Pelatih baru Arab Saudi, rival Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona…

16 jam ago

Roberto Mancini Berikan Peringatan untuk Arab Saudi

WWW.PASJABAR.COM -- Perpisahan antara Timnas Arab Saudi dan Roberto Mancini tidak dapat terelakan. Sang juru taktik…

17 jam ago

AFC Tak Akui Kemenangan atas Kepulauan Mariana Utara

WWW.PASJABAR.COM -- Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) tidak akan mengakui kemenangan telak Timnas Indonesia U-17…

18 jam ago