Jangan Takut, Donor Darah Tetap Aman di Tengah Isu Corona

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COMPembatasan aktivitas yang kini dilakukan banyak orang berdampak pada PMI Kota Bandung. Jumlah pendonor darah menurun drastis di tengah kebutuhan darah yang tinggi, salah satunya karena marak kasus demam berdarah dengue (DBD).

Kepala UDD PMI Kota Bandung Uke Muktimanah mengatakan aktivitas donor darah tak perlu dikhawatirkan. Sebab, pendonor darah dipastikan sedang sehat.

Bahkan, pemeriksaan terhadap orang yang akan mendonor dilakukan lebih ketat. Salah satunya melakukan pemeriksaan suhu tubuh. Bahkan, ruangan tempat mendonorkan darah kini maksimal hanya diisi lima pendonor saja.

“Kita melakukan seleksi dulu, kalau demam atau sakit, itu enggak akan bisa masuk. Nanti akan diperiksa satpam, kalau suhu tubuhnya akan disuruh pulang,” kata Uke di Masjid Al-Ukhuwwah, Kota Bandung, Kamis (19/3/2020).

Tak hanya itu, untuk mengantisipasi ada virus corona di area Kantor PMI Kota Bandung, dilakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh area. Bahkan, tim donor darah yang ada juga dilengkapi berbagai perlengkapan antisipasi, salah satunya menggunakan masker. Hand sanitizer pun disediakan untuk digunakan semua orang yanga di area PMI Kota Bandung.

Para petugas dan karyawan yang bekerja di sana juga mendapatkan asupan multivitamin sejak untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Cara itu diharapkan membuat mereka terhindari dari terjangkitnya virus corona.

“Mereka kita kasih vitamin, itu diminum setelah absen. Jadi enggak dibawa pulang. Kalau dibawa pulang takutnya nanti kelupaan,” jelas Uke. (ors)

admin

Recent Posts

Paul Munster Kecewa Usai Dikalahkan Persib

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Lawatan Persebaya Surabaya ke Bandung berakhir sia-sia. Pelatih Persebaya Paul Munster pun…

4 jam ago

Cawagub Ilham Habibie Blusukan di Cimahi

CIMAHI, WWW.PASJABAR.COM - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Ilham Habibie blusukan menemui masyarakat Kota Cimahi,…

4 jam ago

Raih Kemenangan, Persib Bandung Pantang Besar Kepala

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung kembali raih kemenangan. Persebaya Surabya pun jadi korbannya setelah dilumat…

4 jam ago

Sempat Terkapar, Begini Kondisi Terkini Tyronne del Pino

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Tyronne del Pino jadi salah satu pusat perhatian di laga Persib Bandung…

4 jam ago

Bojan Hodak Bongkar Kunci Persib Kalahkan Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Persib Bandung mendulang kemenangan atas Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2024/2025.…

5 jam ago

Foto BRI Liga 1 Persib Bandung Vs Persebaya

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM - Absennya bobotoh di Stadion Si Jalak Harupat tidak memengaruhi kinerja Persib Bandung.…

6 jam ago