Categories: PASJABAR

Tenaga Kesehatan Butuh Libur Usai Pandemi

ADVERTISEMENT

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM — Pandemi virus corona atau COVID-19 masih tak kunjung usai. Tenaga kesehatan pun terus berkutat di garda terdepan penanganan pasien. Bahkan, saat ini merekalah aktor paling sibuk selama pandemi.

Meski ada prediksi pandemi akan berakhir dalam kurun beberapa bulan ke depan, itu hanya sebatas prediksi, bukan sebuah kepastian. Sehingga, kerja ekstra keras tenaga kesehatan tak jelas akan berlangsung sampai kapan.

Psikolog klinis dari Klinik Kebidanan Harkel Bandung Erwin Fazrin memandang para tenaga kesehatan perlu mendapat perhatian khusus, terutama setelah pandemi berakhir. Apa yang paling penting diberikan kepada mereka, baik itu dokter, perawat, bagian gizi, hingga tenaga administrasi?

“Yang pasti, yang harus diberikan pertama kali adalah libur,” kata Erwin.

Kenapa libur sangat penting diberikan? Itu karena para tenaga kesehatan bekerja begitu keras. Mereka dikurasi tenaga, waktu, pikiran, hingga perasaannya untuk berjuang dalam menyembuhkan pasien dengan peran masing-masing.

Bahkan, ada banyak yang harus rela tak pulang ke rumah berminggu-minggu. Otomatis mereka tak bisa bertemu keluarga. Apalagi, ada warga yang menolak kehadiran tenaga kesehatan ketika pulang. Sehingga, tenaga kesehatan ada yang memilih di tempat khusus yang disediakan pemerintah.

“Libur insentif sebagai penghargaan itu sangat penting bagi mereka, terlepas dari sejauh mana kontribusinya. Tapi, yang namanya orang yang kerja sebagai tim medis, terutama dokter, perawat, bagian gizi, dan lain-lain itu sangat penting untuk diberikan penghargaan dari pihak pemerintah maupun rumah sakit,” jelas Erwin.

Dengan diberikan jatah libur setelah pandemi berakhir, mereka bisa melakukan sesuatu untuk membuat pikiran hingga tenaga kembali segar. Misalnya dengan cara berlibur bersama keluarga yang hingga kini tak bisa dilakukan. (ors)

admin

Recent Posts

Timnas Indonesia U-20 Cukur Maladewa 4 Gol Tanpa Balas

WWW.PASJABAR.COM – Timnas Indonesia U-20 tampil cemerlang dengan mencetak tiga gol indah dalam waktu lima…

9 jam ago

Kang Arfi-Teh Yena Sudah Susun Banyak Program Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung, Arfi Rafnialdi-Yena Iskandar…

9 jam ago

Akses Jalan Ditutup Tembok Setinggi 3 Meter, Akses Warga Terganggu

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Sebuah gang di Kelurahan Pajajaran, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung ditutup tembok. Akibatnya…

9 jam ago

Pemkot Bandung Siap Hadapi Musim Hujan, Fokus Antisipasi Banjir dan Sampah Liar

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah mempersiapkan berbagai langkah antisipatif untuk menghadapi potensi…

9 jam ago

Peningkatan Produksi Pertanian dalam PKM di Sumedang

SUMEDANG, WWW.PASJABAR.COM -- Dalam mengabdikan dirinya kepada masyarakat, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) program studi…

9 jam ago

Cagub Acep Bertemu Masyarakat Tionghoa

BANDUNG, WWW.PASJABAR.COM -- Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut satu, Acep Adang mengawali kampanye politiknya…

9 jam ago